Tingkatkan Pelayanan Terbaik terhadap Pelanggan, BPJS Kesehatan Luncurkan Tiga Inovasi Sekaligus

Agustina Wulandari , Okezone · Selasa 14 September 2021 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 14 1 2471206 -ytASdHpsD5.jpg BPJS Kesehatan meluncurkan tiga inovasi untuk meningkatkan layanan terhadap peserta JKN-KIS. (Foto: Dok.BPJS Kesehatan)

JAKARTA – BPJS Kesehatan menggelar peluncuran tiga inovasi sekaligus yang bisa memudahkan peserta dalam mendapatkan pelayanan. Grand launching ketiga inovasi BPJS Kesehatan tersebut digelar secara virtual pada Senin (13/09/2021). Adapun ketiga inovasi yang baru saja dilakukan yaitu pertama perubahan nomor layanan care center dari 1-500-400 menjadi 165, kedua, simplifikasi layanan bagi penderita thalassemia mayor dan hemofilia, dan ketiga peluncuran jurnal JKN.

Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan dr. Achmad Yurianto menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap inovasi layanan ini. Menurutnya, kualitas pelayanan menjadi hal utama dalam merespon keluhan.

“Kita harus berkembang mengikuti kebutuhan pelanggan. Bukan seberapa cepat kita merespon keluhan, tapi seberapa kualitas kita dalam merespon keluhan. Jadi bukan hanya kecepatan, tapi juga kualitas, di mana pada sisi masyarakat yang mereka harapkan adalah solusi,” ujarnya.

Pada kesempatna yang sama, Dirut BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti mengungkapkan, acara yang digelar pada hari ini merupakan wujud komitmen BPJS Kesehatan untuk senantiasa berinovasi memberikan yang terbaik kepada peserta JKN-KIS melalui pemanfaatan teknologi informasi, sekaligus memperkuat engagement atau keterlibatan dengan para pemangku kepentingan.

“BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara program jaminan kesehatan senantiasa ingin dan berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan penyelenggaraan program agar dapat memenuhi kebutuhan para pemangku kepentingan utama termasuk dalam menningkatkan infrastruktur tugas dan kapabilitas dari BPJS Kesehatan serta kualitas layanan kesehatan bagi peserta,” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, inovasi dan teknologi informasi dalam peningkatan pelayanan kepada peserta menjadi fokus BPJS Kesehatan dari tahun ke tahun. Beberapa contoh terobosan yang telah dikembangkan dalam meningkatkan mutu layanan ini yaitu melakukan peningkatan di berbagai kanal layanan, pemberian informasi atau perubahan data mobile JKN.

“Inovasi atau terobosan di berbagai akses, salah satunya perubahan nomor care center dari 1-500-400 jadi 165, perubahan ini tentunya untuk memberikan kemudahan peserta dalam mengakses layanan care center dan ini sudah disosialisasikan. Dengan perubahan juga kan ada masa transisi sampai Desember 2021 tetap bisa menggunakan layanan care center 1-500-400,” tuturnya.

Nomor care center 165 merupakan wujud dukungan BPJS Kesehatan terhadap rencana dasar teknis telekomunikasi nasional yang ditetapkan pemerintah melalui peraturan Menteri Kominfo No 14 Tahun 2018.

Foto: BPJS Kesehatan

Selain perubahan nomor layanan care center 165 yang lebih mudah diingat, inovasi lain yang diluncurkan adalah proses simplifikasi rujukan pelayanan thalasemia mayor dan hemofilia.

“Hal ini memberikan kemudahan akses dan administrasi pelayanan kesehatan bagi peserta dengan diagnosis thalasemia mayor dan hemofilia yang membutuhkan pelayanan rutin di rumah sakit, karna peserta tidak perlu Kembali ke FKTP setelah masa berlaku surat rujukan habis,” ujar Ali.

BPJS Kesehatan juga berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan yang merupakan suatu upaya untuk sharing pengetahuan JKN baik secara nasional maupun internasional. Berbagai tulisan ilmiah dalam bentuk artikel hasil riset akan sangat berguna bila terkumpul dan terdokumentasi dengan baik dalam bentuk jurnal. Untuk itu, BPJS Kesehatan berinisiatif mengumpulkan karya tersebut dalam bentuk digital ke dalam web portal jurnal JKN.

“Kami juga meluncurkan web portal jurnal JKN. Untuk itu, saya berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk terwujudnya jurnal JKN ini,” ucap Ali. BPJS Kesehatan berkomitmen untuk terus berinovasi dalam melayani peserta JKN-KIS untuk memberikan kualitas layanan terbaik dan berorientasi kepada kepuasan pelanggan.

Bagi masyarakat yang ingin menyumbangkan atau berkontribusi menuangkan karya ilmiahnya terkait Program JKN-KIS dapat langsung registrasi di https://jurnal-jkn.bpjskesehatan.go.id/index.php/jjkn. Tim ahli yang ditunjuk oleh chief editor akan melakukan peer-review untuk menilai setiap artikel yang masuk.

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini