KKB Pimpinan Lamek Taplo Kembali Bakar Sekolah dan Puskesmas

Antara, · Rabu 15 September 2021 02:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 15 340 2471432 kkb-pimpinan-lamek-taplo-kembali-bakar-sekolah-dan-puskesmas-Bc2wY8Zob5.jpg Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri (foto: istimewa)

JAYAPURA - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Lamek Taplo, dilaporkan melakukan pembakaran lagi terhadap fasilitas umum (fasum) yang ada di Distrik Okhika, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

"Memang benar ada laporan KKB kembali melakukan pembakaran, namun kini bergeser ke Okhika yang letaknya berdekatan dengan Kiwirok," kata Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri, di Jayapura.

Baca juga:  Kontak Tembak dengan KKB di Pegunungan Bintang, 1 Prajurit TNI Terluka

Dia membenarkan, dari laporan yang diterima, fasilitas umum yang dibakar KKB di antaranya puskesmas beserta rumah tenaga kesehatan, gedung SD dan SMP beserta rumah guru, dan balai kampung.

Belum dipastikan kondisi warga sipil termasuk guru dan tenaga kesehatan yang bertugas di wilayah itu, karena terbatasnya sarana komunikasi.

"Kami sudah minta Kapolres berkoordinasi dengan Bupati Pegunungan Bintang, agar diketahui kondisi terakhir di wilayah itu," sambungnya.

Baca juga:  Prajurit TNI AD Tangkap Dua KKB, 5 Senpi dan Puluhan Amunisi Diamankan

Irjen Fakhiri menyatakan, sebelumnya KKB pimpinan Lamek Taplo melakukan pembakaran dan pemanahan tenaga kesehatan yang bertugas di Kiwirok.

Karena itu, pihaknya sudah menurunkan Satgas Nemangkawi untuk melakukan penegakan hukum, dan saat ini tim berada di Oksibil, ibu kota Kabupaten Pegunungan Bintang.

Selain itu, pihaknya juga akan menambah perkuatan dari Brimob Polda Papua, namun belum dipastikan kapan diberangkatkan mengingat untuk mencapai Kiwirok hanya dapat dilakukan dengan menggunakan pesawat berbadan kecil atau berjalan kaki selama tiga hari dari Oksibil.

"Yang pasti setelah Lapangan Terbang Kiwirok dinyatakan aman untuk penerbangan, maka pasukan akan langsung dikirim," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini