Gempa M4,8 Guncang Sukabumi, BMKG: Akibat Aktivitas Subduksi Megathrust

Binti Mufarida, Sindonews · Minggu 19 September 2021 08:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 19 525 2473539 gempa-m4-8-guncang-sukabumi-bmkg-akibat-aktivitas-subduksi-megathrust-SPDZaBrdVr.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan pada wilayah Kabupaten Sukabumi Jawa Barat dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik pada hari Minggu, 19 September 2021 pukul 06:38:52 WIB.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,8. Episenter terletak pada koordinat 7.47 LS dan 106.78 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 59 Km Tenggara Kab-Sukabumi-Jabar pada kedalaman 42 kilometer.

BACA JUGA: Akhir Pekan, Hujan Intai Sebagian Wilayah Jakarta Siang Ini 

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Subduksi (Megathrust) di Selatan pulau Jawa dimana Lempeng Indo-Australia menyusup menunjam ke bawah Lempeng Eurasia,” ungkap Kepala Balai BMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Minggu (19/9/2021).

Sementara itu, Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Cisurupan, Cikajang, Ciamis, Pangandaran, Karangnunggal, Ciherang, Pangalengan, Gardu, dan Cihurip dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

BACA JUGA: Gempa Berkekuatan Magnitudo 4,3 Guncang Sumbawa NTB

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut,” kata Hendro.

Sementara itu, hingga pukul 06:50 WIB hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

BMKG menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini