BNN: 90 Persen Penyelundupan Narkoba Lewat Jalur Laut

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Minggu 26 September 2021 00:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 26 608 2476872 bnn-90-persen-penyelundupan-narkoba-lewat-jalur-laut-daV3lUB5os.jpg Foto: Istimewa

MEDAN - Sekira 90 persen pengiriman/penyelundupan narkoba ke Indonesia dilakukan melalui jalur laut. Upaya pemetaan jalur-jalur laut yang kerap dijadikan sebagai pintu masuk favorit para penyelundup pun mulai dilakukan.

Hal itu dikatakan Deputi Penindakan pada Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia, Irjen Pol Arman Depari saat penutupan Operasi Laut Interdiksi Terpadu di Pelabuhan Ujung Baru, Dermaga103, Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara, Sabtu (25/9/2021).

"Data yang ada, 90 persen pasokan narkoba masuk dari jalur perairan. Sehingga, ini yang lebih dahulu kita lakukan operasi," kata Arman.

Arman menyeburkan, Operasi Laut Interdiksi Terpadu melibatkan jajaran kepolisian, Ditjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan. Selain itu, ada Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan.

Baca juga: Sindikat Narkoba Jaringan Antar-Pulau Kirim Sabu Gunakan Bus AKAP

"Data yang diperoleh, dalam 12 hari operasi digelar, petugas berhasil mencegah 122 kilogram narkoba masuk ke Indonesia. Selain itu, petugas juga menemukan dua pelanggaran kepabeanan. Pengungkapan kasus narkoba ini kita lakukan di kawasan Selat Sulawesi dan Selat Malaka," ujar Arman.

Baca juga: Polisi Tangkap Sindikat Narkoba Antar-Pulau, 22 Kg Sabu dan Ganja Disita

Arman menjelaskan operasi ini digelar atas perintah Kepala BNN Petrus Reinhard Petrus Golose dalam rangka memerangi peredaran narkoba yang pada umumnya selalu datang dari luar negeri. Dengan operasi ini, diharapkan dapat membawa Indonesia bersih dari narkoba.

"Ini untuk mewujudkan Indonesia Bersinar atau Bersih dari Narkoba," tutur Arman.

Baca juga: Selebgram Didenda Rp5,6 Juta Usai Kedapatan Bawa 2 Kantong Kokain

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini