Kapal Selam Nuklir AS Tabrak Objek Tak Dikenal di Laut China Selatan

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 08 Oktober 2021 06:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 08 18 2483044 kapal-selam-nuklir-as-tabrak-objek-tak-dikenal-di-laut-china-selatan-vehi37gtyT.jpg Foto: US Navy.

WASHINGTON - Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) telah mengakui bahwa kapal selam serangnya, yang beroperasi di perairan internasional kawasan Indo-Pasifik, telah menabrak objek bawah air tak dikenal. Beberapa awak dilaporkan terluka dan kapal selam itu mengalami kerusakan akibat insiden ini.

BACA JUGA: 6 Fakta Ditemukannya KRI Nanggala 402: Misteri Lokasi Jasad Awak Kapal

USS Connecticut, kapal selam serang cepat kelas Seawolf, menabrak objek talamak dikenal saat menyelam pada 2 Oktober, demikian disampaikan Armada Pasifik Angkatan Laut pada Kamis (7/10/2021) dalam sebuah pernyataan. Hampir selusin awak dilaporkan terluka, tetapi tidak satu pun dari cedera yang dianggap mengancam nyawa.

“Kapal selam tetap dalam kondisi aman dan stabil,” kata Angkatan Laut AS sebagaimana dilansir RT. “Reaktor dan ruang propulsi nuklir USS Connecticut tidak terpengaruh dan tetap beroperasi penuh.”

BACA JUGA: Deretan Kapal Selam Canggih di Dunia

Institut Angkatan Laut AS (USNI) menyebut objek yang ditabrak sebagai "tidak diketahui" dan mengatakan kapal selam itu beroperasi di Laut Cina Selatan pada saat kecelakaan itu terjadi.

Kerusakan yang dialami USS Connecticut masih dalam penilaian, dan insiden itu akan diselidiki. USS Connecticut saat ini sedang menuju ke pelabuhan di Guam, kata USNI.

Angkatan Laut telah mengalami serentetan kecelakaan kapal dalam beberapa tahun terakhir, termasuk tabrakan Agustus 2017 antara kapal perusak USS John S. McCain dan sebuah kapal tanker minyak di perairan lepas pantai Singapura yang menewaskan 10 pelaut AS. Kapal perusak lain, USS Fitzgerald, menabrak sebuah kapal kontainer saat dalam misi rahasia di lepas pantai Jepang pada Juni 2017. Tabrakan itu menyebabkan lubang besar di USS Fitzgerald, menewaskan tujuh anggota awak di kompartemen berlabuh mereka saat air membanjiri.

Pada tahun yang sama, kapal penjelajah berpeluru kendali USS Antietam kandas di Jepang, menumpahkan minyak ke Teluk Tokyo. Kapal penjelajah lain, USS Lake Champlain, bertabrakan dengan kapal penangkap ikan Korea Selatan.

Selain itu, satu pelaut dan delapan marinir tewas dalam kecelakaan pelatihan Juli 2020 di mana sebuah kendaraan serbu amfibi tenggelam di lepas pantai California.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini