China: Latihan Militer Dekat Taiwan untuk Bela Kedaulatan Negara

Agregasi VOA, · Kamis 14 Oktober 2021 10:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 18 2486077 china-latihan-militer-dekat-taiwan-untuk-bela-kedaulatan-negara-Ml5HIVqRxr.jpg Latihan militer China (Foto: AP via VOA)

BEIJING – Seorang pejabat China mengatakan peningkatan latihan militer dan misi pesawat tempur China baru-baru ini di dekat Taiwan diperlukan untuk mempertahankan kedaulatan dan wilayah negara. Hal ini sempat menimbulkan kekhawatiran di sekitar kawasan itu.

Juru bicara Kantor Urusan Taiwan China Ma Xiaoguang mengatakan tujuan dari manuver-manuver itu adalah untuk "secara fundamental melindungi kepentingan keseluruhan bangsa China dan kepentingan vital orang-orang di kedua sisi Selat Taiwan."

Ma menyalahkan tindakan pemerintah Taiwan yang menjalin hubungan dengan "kekuatan-kekuatan asing" sebagai penyebab meningkatnya ketegangan.

(Baca juga: Presiden: Taiwan Tidak Akan Tunduk pada Tekanan China, Tolak Upaya Reunifikasi)

Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) menerbangkan 56 pesawat di lepas pantai barat daya Taiwan dalam satu hari saja sebelumnya bulan ini. Selama empat hari berturutan, PLA seolah memberi tekanan berkelanjutan terhadap Taiwan dengan melakukan 149 penerbangan.

Semua penerbangan itu berlangsung di wilayah udara internasional, tetapi menimbulkan kekhawatiran bahwa salah langkah dapat memicu eskalasi yang tidak diinginkan.

(Baca juga: China 'Upgrade' Jet Tempur Siluman dengan Mesin Buatan Dalam Negeri)

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, pada Minggu (10/10), berjanji untuk mempertahankan pulau itu dari tekanan China yang meningkat setelah seminggu ketegangan yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan Beijing.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini