Fenomena La Nina, BMKG Imbau Warga Jabar Waspada Bencana di Akhir Tahun

Ervand David, iNews · Sabtu 23 Oktober 2021 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 23 525 2490530 fenomena-la-nina-bmkg-imbau-warga-jabar-waspada-bencana-di-akhir-tahun-1Y3lXo4kqm.jpg Ilustrasi cuaca ekstrem (Foto: Okezone)

BANDUNG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung mengimbau masyarakat mengenai potensi bencana akibat fenomena La Nina. Diprediksi curah hujan dari November 2021 hingga Januari 2022 akan menimbulkan banjir, pohon tumbang hingga tanah longsor di beberapa titik rawan di Jawa Barat.

Memasuki musim penghujanm BMKG Bandung mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada. Berdasarkan hasil monitoring, petugas BMKG menemukan fenomena La Nina yang berasal dari samudra pasifik bagian tengah dan timur.

Baca Juga:  Kepala BNPB: Lingkungan DAS Harus Dilestarikan agar Terhindar Ancaman Bencana Alam

Di samping itu, dampak dari fenomena La Nina ini dapat menimbulkan curah hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi pada Oktober 2021 hingga Januari 2022. Akibatnya, beberapa titik seperti daerah Bogor, Cianjur, Sukabumi dan Jawa Barat bagian tengah memiliki dampak potensi bencana paling tinggi.

Menurut Kepala BMKG Bandung, Teguh Rahayu, fenomena La Nina sendiri disebabkan adanya kenaikan suhu di permukaan laut pasifik, sehingga berdampak ke kawasan Indonesia bagian selatan. Diharapkan masyarakt tetap waspada dengan berbagai potensi bencana akibat dampak dari fenomen La Nina ini.

Baca Juga:  11 Bencana Alam Landa Kota Bogor, Ini Sebarannya

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini