Polisi Hentikan Penyidikan, Status Tersangka Pedagang Sayur yang Dianiaya Preman Gugur

Puteranegara Batubara, Okezone · Sabtu 23 Oktober 2021 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 23 608 2490560 polisi-hentikan-penyidikan-status-tersangka-pedagang-sayur-yang-dianiaya-preman-gugur-prOdTDr7hd.jpg Lili Wari Iman Gea (Foto: Ist)

JAKARTA - Polda Sumatera Utara (Sumut) memutuskan untuk menggugurkan status tersangka dari Pedagang Pasar Gambir, Liti Wari Iman Gea. Hal itu setelah dilakukan gelar perkara dengan keputusan penyidikan dihentikan atau tidak dilanjutkan.

Liti Wari sebelumnya melaporkan telah dianiaya oleh sejumlah orang. Ia juga dilaporkan balik oleh orang itu. Sehingga, dalam perjalanannya, Liti Wari sempat ditetapkan tersangka oleh pihak Polsek Percut Sei Tuan.

“Penyidik sudah sepakat dan memutuskan bahwa perkara dengan laporan saudara Beni terhadap ibu Gea, maka berdasarkan hasil gelar perkara khusus dihentikan penyidikannya,” kata Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak, kepada awak media, Jakarta, Sabtu (23/10/2021).

Baca Juga: Pedagang yang Dianiaya Preman Jadi Tersangka, Mabes Polri: Kanit Polsek Dicopot!

Setelah kasus ini jadi sorotan, Panca menyebut, Polda Sumut menerjunkan tim untuk melakukan audit guna mendalami proses penyidikan yang dilakukan oleh Polsek Percut Sei Tuan tersebut. Dalam pelaksanaan audit, Panca mengakui bahwa, ditemukan bahwa proses penyidikan dan penetapan tersangka terhadap pedagang itu, tidak berjalan sesuai dengan Standar Operaional Prosedur (SOP).

“Jadi ditemukan ada beberapa langkah yang tidak sesuai dengan standar operasional prosedur sebagaimana yang diatur di dalam Pasal 25 Peraturan Kapolri Nomor 6 Tahun 2019 tentang penyidikan yang mengisyaratkan bagaimana penyidik untuk menetapkan tersangka,” ujar Panca.

Panca menyebut, dari hasil penyidikan, sudah dilakukan pemeriksaan terhadap 14 saksi-saksi khususnya yang ada di TKP Pasar Gambir yang mengetahui, menyaksikan dan melihat kejadian tersebut.

“Maka teman-teman sekalian saya perlu sampaikan Direktorat Reskrimum Polda sudah melakukan gelar perkara khusus sebagaimana diatur di dalam Pasal 33 Peraturan Kapolri Nomor 6 tahun 2019. Hasilnya penetapan tersangka terhadap ibu Liti Wari Iman Gea berdasarkan yang sudah saya sampaikan masih prematur dan dihentikan,” tutup Panca.

Baca Juga: Polisi: 31 Warga Meninggal Dunia Selama Operasi Patuh Toba

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini