Sempat Diterjang Banjir, Begini Kondisi Terkini Kota Banjarmasin

Arie Dwi Satrio, Okezone · Selasa 09 November 2021 22:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 09 340 2499342 sempat-diterjang-banjir-begini-kondisi-terkini-kota-banjarmasin-VAJRCJ5crp.jpg Kondisi di Banjarmasin saat ini (foto: ist)

JAKARTA - Kota Banjarmasin, Kalimantan Barat, sempat diterjang banjir lumayan tinggi pada Senin, 8 November 2021, malam. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin memastikan hampir seluruh banjir di daerah Banjarmasin telah surut.

BPBD Kota Banjarmasin juga melaporkan tidak ada kerusakan berat akibat banjir yang merendam Kota Banjarmasin. Khususnya, Kelurahan Belitung Selatan, Kecamatan Banjarmasin Barat, yang semoat terendam dengan tinggi muka air 20 sampai 30 sentimenter.

"Saat ini banjir sudah surut dan tidak ada kerusakan karena genangan banjir tidak berarus dan hanya merendam wilayah beberapa jam saja," ujar Staf Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kota Banjarmasin, Hanafi melalui pesan singkatnya, Selasa (9/11/2021).

Baca juga:  Sungai Martapura Meluap, Banjarmasin Kembali Dilanda Banjir

BPBD Kota Banjarmasin melakukan kaji cepat dan koordinasi dengan pihak terkait dalam upaya penanganan pasca-banjir. Salah satunya, dengan kegiatan normalisasi sungai dan kanal yang berpotensi menyebabkan banjir.

"Kami melakukan pengerukan dan pembongkaran material yang menutup atau mengganggu akses aliran sungai serta kanal kecil," tutur Hanafi.

Baca juga:  Banjir Rob, Sejumlah Motor Mogok di Kawasan Muara Baru

Berdasarkan hasil amatan BPBD, banjir terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi yang memicu Sungai Kerokan meluap dan merendam pemukiman warga. Untuk mengantisipasi potensi banjir kembali, BPBD Kota Banjarmasin juga telah mempersiapakan kebutuhan logistik.

"Sampai saat ini kebutuhan logistik telah kami siagakan," tambahnya.

Berdasarkan pantauan prakiraan cuaca tiga harian yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) per tanggal 9 sampai 11 November 2021, Kota Banjarmasin ddiinformasi masih didominasi hujan ringan dan cerah berawan.

Kajian inaRISK juga menunjukkan Kota Banjarmasin memiliki potensi bahaya banjir pada tingkat sedang hingga tinggi yang berdampak pada 5 kecamatan. Oleh karenanya, BNPB dan jajaran BPBD terus berupaya mengantisipasi potensi bencana akibat hujan deras.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini