Kalahkan Ratu Elizabeth dan Victoria, Raja Athelstan Dinobatkan Sebagai Raja Tertinggi Inggris

Susi Susanti, Okezone · Jum'at 19 November 2021 17:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 19 18 2504500 kalahkan-ratu-elizabeth-dan-victoria-raja-athelstan-dinobatkan-sebagai-raja-tertinggi-inggris-k35eVgbiZ1.jpg Raja Athelstan (Foto: Alamy)

INGGRIS – Raja Athelstan yang memerintah dari tahun 925 hingga 939 M dinobatkan sebagai raja tertinggi Inggris. Raja ini mengalahkan nama besar Ratu Elizabeth dan Ratu Victoria, bahkan Raja Henry V dan Raja Henry VIII.

Hasil ini terungkap melalui jajak pendapat di podcast ‘The Rest Is History’ sejarawan Tom Holland dan Dominic Sandbrook.

Raja Anglo-Saxon ini meraih 84.000 suara yang diberikan oleh penggemar sejarah sebagai raja selama berabad-abad yang berkompetisi dalam turnamen sistem gugur.

Hasil jajak pendapat ini ini mengalahkan semua raja dan ratu Inggris lainnya. Termasuk calon terdepan 'Good Queen Bess', Elizabeth I - untuk dinobatkan sebagai raja terbesar Inggris.

Pemungutan suara dilakukan di Twitter dengan Athelstan mengalahkan Elizabeth I di final dengan selisih 50,5 persen berbanding 49,5 persen.

 Baca juga: Kisah Playboy Raja Inggris Edward VII, Miliki 411 Selir dari Bangsawan hingga Pelacur

Untuk sampai ke final, Athelstan mengalahkan Ratu Victoria, Raja Edward III dan William The Conqueror.

"Saya pikir itu akan menjadi walkover untuk Elizabeth. Saya sangat terkejut. Ini seperti Emma Raducanu yang melaju jauh di AS Terbuka. Tidak terduga,” terang Holland.

“Athelstan adalah salah satu bapak pendiri Inggris. Saya pikir orang cenderung berasumsi bahwa Inggris selalu ada,” lanjutnya.

 Baca juga: Ratu Elizabeth dan Keluarga Kerajaan Inggris Biasanya Makan Apa saat Natal?

"Dia adalah seorang penakluk yang hebat, tapi dia lebih dari itu,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Athelstan adalah raja yang mengalahkan Viking dan menyatukan Inggris untuk pertama kalinya.

Athelstan, yang memerintah dari 925 hingga 939 M, menyatukan negara itu pada tahun 927 setelah menggabungkan kerajaan Mercia dan Wessex dan mengusir Viking dari Northumbria dalam dua tahun pertama pemerintahannya.

Pada tahun 937, pada Pertempuran Brunanburh, Athelstan mengalahkan pasukan invasi gabungan raja-raja Skotlandia dan Dublin.

Tetapi terlepas dari pencapaiannya yang cukup besar, hanya sedikit orang yang pernah mendengarnya.

Lahir pada 894 M, Athelstan adalah cucu dari Alfred the Great, pembuat kue legendaris dan Raja Wessex.

Wily Athelstan menikahkan keempat saudara tirinya dengan penguasa Eropa yang kuat untuk memperkuat kekuasaannya. Dia dimakamkan di Biara Malmesbury di Wiltshire pada tahun 939, namun jenazahnya hilang selama Reformasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini