Sinergis Dalam Sebuah Orkestra, Mewujudkan Cita-cita Indonesia Menjadi Negara Maju 2045

Fitria Dwi Astuti , Okezone · Jum'at 26 November 2021 10:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 26 1 2507747 sinergis-dalam-sebuah-okestran-mewujudkan-cita-cita-indonesi-menjadi-negara-maju-2045-NtWR9s4yn2.jpg Foto: Dok BRIN

Jakarta-Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) adalah lembaga pemerintah yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden Republik Indonesia. Dibentuk melalui Peraturan Presiden No. 78 Tahun 2021 tentang Badan Riset dan Inovasi Nasional, BRIN memiliki peran dalam menjalankan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan, serta invensi dan inovasi yang terintegrasi.

Adapun tujuannya untuk meningkatkan kontribusi ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap pembangunan nasional, dan penghela dalam meningkatkan ekosistem riset dan inovasi di Indonesia. Proses pembentukan BRIN dari 2019 hingga 2021 tidak dapat dipisahkan dari perubahan nomenklatur kementerian antara Kementrerian Riset dan Teknologi (Kementristek) dan Kementrerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Pada 28 April 2021, Laksana Tri Handoko dilantik menjadi Kepala BRIN yang baru. Pemisahan BRIN diikuti dengan penggabungan Kemenristek dan Kemendikbud.

BRIN memiliki tujuh kedeputian sebagai pelaksana, di antaranya:Deputi Bidang Kebijakan Pembangunan, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek), Deputi Bidang Infrastruktur Riset dan Inovasi, Deputi Fasilitas Riset dan Inovasi, Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi, dan Deputi Riset dan Inovasi di Daerah. Ketujuh deputi akan fokus untuk melakukan pelayanan eksternal dan terkait infrastruktur riset.

BACA JUGA: RITECH EXPO 2021 Usung Tema Digital, Green, and Blue Economy

Selain itu, BRIN juga didukung oleh berbagai bidang organisasi riset yang beragam, serta memiliki lebih dari 70 pusat riset dan pusat pendukung. Pembentukan BRIN oleh Presiden Joko Widodo pada 28 April 2021, memiliki tiga arahan utama yakni konsolidasi sumber daya iptek, menciptakan ekosistem riset standar global terbuka dan kolaboratif, dan menciptakanfondasi ekonomi berbasis riset yang kuat dan berkesinambungan.

Indonesia Emas merupakan cita-cita bersama bangsa Indonesia untuk menjadi negara maju bertepatan dengan 100 tahun Kemerdekaan Indonesia. Guna mencapai hal tersebut, diperlukan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam hal ini, peran dunia riset dan inovasi pun tidak bisa dipisahkan. Hal tersebut menjadi reputasi bangsa Indonesia di mata dunia. Pasalnya, tidak hanya harus dibuktikan produk hasil riset yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat tapi juga harus mencapai standar global.

Maka dari itu, BRIN hadir untuk mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi negara maju 2045. Bahkan menjadikan Indonesia sebagai rujukan dunia, baik dalam pengembangan kemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, kebijakan, dan kemanfaatan bagi umat manusia.

CM

(FDA)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini