Share

AS: Program Rudal Korut Kian Menganggu Keamanan

Antara, · Kamis 02 Desember 2021 18:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 02 18 2511013 as-program-rudal-korut-kian-menganggu-keamanan-xJZrCzR5rw.jpg Korut memamerkan senjata dan rudal di Pameran Pembangunan Pertahanan beberapa waktu lalu (Foto: Antara/Reuters)

SEOUL - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin pada Kamis (2/12) mengatakan perkembangan senjata dan rudal milik Korea Utara (Korut) kian mengganggu keamanan regional. Hal ini diungkapkan Austin usai berbicara dengan mitranya dari Korea Selatan (Korsel) di Seoul.

Austin mengatakan AS meminta Korut agar terlibat dalam dialog. Dia mengatakan diplomasi merupakan pendekatan terbaik untuk membujuk Korut.

Austin dan Jenderal Angkatan Darat AS Mark Milley, selaku Kepala Staf Gabungan, menggelar pembicaraan militer tahunan dengan sejumlah pejabat Korsel yang mencakup pembaharuan rencana operasional untuk antisipasi konflik dengan Korut.

Baca juga: AS dan Korsel Siapkan Rencana Perang Baru Lawan Korut

Menteri Pertahanan Korsel Suh Wook usai berbincang dengan Austin, mengatakan AS berjanji untuk mempertahankan jumlah pasukan AS saat ini di Korsel yang mencapai 28.500 personel.

Suh juga menuturkan bahwa kedua belah pihak membuat kemajuan dalam memenuhi syarat pemindahan kendali komando masa perang pasukan gabungan mereka ke Korsel.

Baca juga: Kembali Memanas, AS Mengaku Siap Berunding Kembali dengan Korut

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini