5 Letusan Gunung Dahsyat di Dunia, Ada yang Terjadi di Indonesia

Susi Susanti, Okezone · Selasa 07 Desember 2021 12:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 18 2513180 5-letusan-gunung-dahsyat-di-dunia-ada-yang-terjadi-di-indonesia-GI302cmEti.jpg Gunung Krakatau meletus pada 1883 (Foto: howstuffworks.com)

JAKARTAGunung meletus merupakan fenomena alam yang tidak bisa terdeteksi dengan pasti. Meski bisa dipantau secara berkala, namun letusan gunung berapi tidak bisa dipastikan waktu terjadinya. Tak heran bencana ini menjadi salah satu bencana alam hebat dan menggemparkan bagi umat manusia.

Letusan gunung berapi menyebabkan banyaknya lava dan lahar serta awan panas yang berbahaya. Semua unsur ini bisa menghancurkan rumah dan lingkungan sekitar gunung serta mengancam nyawa manusia.

Salah satu hal yang cukup diperhatikan adalah Ring of Fire yakni Cincin Api Pasifik atau Lingkaran Api Pasifik, yakni daerah yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan Samudra Pasifik. Dikutip Wikipedia, daerah ini berbentuk seperti tapal kuda dan mencakup wilayah sepanjang 40.000 km.

Baca juga: 10 Gunung dengan Kekuatan Super, 4 Ada di Indonesia

Sekitar 90% dari gempa bumi yang terjadi dan 81% dari gempa bumi terbesar terjadi di sepanjang Cincin Api ini. Daerah gempa berikutnya, yaitu 5-6% dari seluruh gempa dan 17% dari gempa terbesar adalah sabuk Alpide yang membentang dari Jawa ke Sumatra, Himalaya, Mediterania hingga ke Atlantika. Indonesia tercatat sebagai wilayah yang menjadi rekam sejarah letusan gunung berapi dahsyat. Berikut letusan gunung berapi terdahsyat di dunia:

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Operasional Kereta Api Bagaimana?   

1. Gunung Tambora

Gunung Tambora (atau Tomboro) adalah sebuah gunung berapi kerucut aktif yang terletak di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia. Gunung ini terletak di dua kabupaten yaitu Kabupaten Dompu yang mencakup lereng bagian barat dan selatan serta Kabupaten Bima yang mencakup lereng bagian timur dan utara.

Dahulu, ketinggian gunung ini mencapai sekitar 4.300 m yang membuat gunung ini menjadi salah satu puncak tertinggi di Indonesia.

Pada April 1815, gunung ini meletus hingga mencapai skala tujuh VEI. Letusan tersebut menjadi letusan vulkanis tebesar sejak letusan Taupo pada 181.Suara letusan tercatat terdengar hingga pulau Sumatra lebih dari 2.000 km ke barat. Hujan abu vulkanis juga dirasakan di Kalimantan, Sulawesi, Jawa, dan Maluku. Letusan tersebut menelan korban jiwa sedikitnya 71.000 orang.

Letusan ini juga menyebabkan perubahan iklim dunia saat itu yakni oerubahan perubahan cuaca drastis di Amerika Utara dan Eropa akibat debu yang dihasilkan dari letusan. Peristiwa tersebut menyebabkan kegagalan panen dan kematian ternak massal yang pada gilirannya menyebabkan wabah kelaparan terburuk pada abad ke-19.

2. Gunung Krakatau

Gunung Krakatau (atau Rakata) adalah kepulauan vulkanik yang masih aktif dan berada di Kecamatan Punduh Pedada, Kabupaten Lampung Selatan, tepatnya di perairan Selat Sunda, antara Pulau Jawa dan Sumatra.

Pada 1883, gunung ini meletus sangat dahsyat hingga terdengar sampai Eropa. Awan panas dan tsunami akibat letusan telah menewaskan sekitar 36.000 jiwa. Suara letusan itu juga terdengar sampai di Alice Springs, Australia dan Pulau Rodrigues dekat Afrika, 4.653 kilometer. Daya ledaknya diperkirakan mencapai 30.000 kali bom atom yang diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki di akhir Perang Dunia II.

Letusan Krakatau menyebabkan perubahan iklim global. Dunia sempat gelap selama dua setengah hari akibat debu vulkanis yang menutupi atmosfer. Hamburan debu juga tampak di langit Norwegia hingga New York. Matahari bersinar redup sampai setahun berikutnya.

3. Gunung Pelee, Karibia

Gunung Pelee yang dalam bahasa Prancis berarti "botak" ini terdapat di utara pulau Martinique di Karibia. Gunung yang memiliki tinggi 4.500 kaki ini meletus pada 7 Mei 1902.

Letusan gunung menghancurkan Kota St. Pierre beserta 30.000 warganya.

Gunung berapi itu meletus pada pagi hari dan tercatat sebagai salah satu letusan gunung terbesar yang paling banyak menimbulkan korban jiwa dalam sejarah selain letusan Gunung Krakatau,Gunung Tambora dan Gunung Toba atau Gunung Budak di Indonesia.

4. Gunung Vesuvius

Gunung yang terletak di sebelah timur Napoli, Italia ini menjadi satu-satunya gunung berapi aktif di Eropa.

Pada 79 Masehi, letusan gunung ini menghancurkan Kota Pompeii, kota zaman Romawi kuno yang telah menjadi puing dekat kota Napoli dan sekarang berada di wilayah Campania, Italia.

Kota ini tertimbun debu letusan gunung sedalam beberapa kaki yang menyebabkan kota ini hilang selama 1.600 tahun sebelum ditemukan kembali dengan tidak sengaja.

Selain Kota Pompeii, gunung ini juga menghancurkan Kota Herculaneum dan menyebakan kematian 10.000 hingga 25.000 orang.

5. Gunung Unzen, Jepang

Gunung Unzen adalah gunung vulkanik aktif dari beberapa stratovolcano yang tumpang tindih, dekat kota Shimabara, Nagasaki di pulau Kyushu, pulau utama paling selatan Jepang.

Pada 1792, salah satu dari beberapa kubah lava runtuh bahkan memicu megatsunami yang menewaskan hampir 15.000 jiwa. Ini menjadi letusan gunung berapi terburuk di Jepang.

Gunung berapi terakhir aktif pada 1990-1995, dan letusan besar terjadi pada 1991 yang menghasilkan aliran piroklastik yang menewaskan 43 orang, termasuk tiga ahli vulkanologi.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini