Share

Dalam Tiga Hari, Majalengka Dihantam 29 Kali Bencana Alam

Inin Nastain, Koran SI · Minggu 12 Desember 2021 15:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 12 340 2515838 dalam-tiga-hari-majalengka-dihantam-29-kali-bencana-alam-O13dcdjQI3.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

MAJALENGKA - Dalam tiga hari, tepatnya Rabu (8/12), Kamis (9/12) dan Sabtu (11/12/2021), sedikitnya tercatat 29 kali bencana alam terjadi di Kabupaten Majalengka. Puluhan bencana alam itu terjadi di 10 kecamatan yang tersebar di 20 desa. 

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Majalengka Indrayanto mengatakan, musibah itu terdiri dari longsor, banjir dan angin kencang. Dari tiga hari itu, hari Rabu tercatat paling banyak terjadi kasus bencana alam.

"Kejadian hari Rabu tanggal 8 Desember, terjadi di Kecamatan Bantarujeg, Banjaran dan Kecamatan Maja. Sebagian besar jenisnya longsor," kata Indra.

Pada Kamis, bencana alam terjadi di Kecamatan Cikijing. Di daerah itu, banjir melanda Desa Kesturi dan mengakibatkan tersendatnya lalu lintas dari arah Kuningan menuju Majalengka.

Baca juga: Cari Rongsokan di Sungai, Warga Temukan Mayat Wanita Tanpa Busana

"Di hari yang sama, terjadi pohon tumbang di Kecamatan Leuwimunding, menimpa pagar SDN 3 Murat," jelas dia. 

Bencana dengan jumlah titik banyak kembali terjadi pada Sabtu. Pada akhir pekan itu, angin kencang melanda tiga kecamatan yakni Kecamatan Sumberjaya, Jatitujuh, Ligung, dan Kecamatan Dawuan. 

"Cuaca ekstrem. Kasus paling banyak terjadi di kecamatan Ligung. Sejumlah rumah ambruk sebagai dampak dari cuaca ektrem. Sejumlah pohon tumbang dan sempat menutup akses jalan. Alhamdulillah, langsung ditangani sehingga lalu lintas bisa kembali berjalan," jelas dia.

"Beberapa titik (lokasi bencana) belum assestmen. Sementara, puluhan rumah terkena dampak longsor. Ada juga sekitar 5 hektar lahan pertanian terendam banjir," jelas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini