Share

Laporkan Kasus Omicron Transmisi Lokal Pertama, Thailand Pertimbangkan Terapkan Lagi Karantina

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 20 Desember 2021 17:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 20 18 2519945 laporkan-kasus-omicron-transmisi-lokal-pertama-thailand-pertimbangkan-terapkan-lagi-karantina-4hek1zCMZm.JPG Foto: Reuters.

BANGKOK - Thailand sedang mempertimbangkan untuk memberlakukan kembali karantina wajib bagi pengunjung asing karena kekhawatiran atas penyebaran virus corona varian Omicron. Kekhawatiran itu muncul ketika kementerian kesehatan Thailand pada Senin (20/12/2021) melaporkan kasus pertama penularan lokal varian virus corona di negara itu.

Kementerian kesehatan masyarakat akan mengusulkan penghapusan pengabaian karantina untuk pengunjung yang divaksinasi dan kembali ke karantina hotel dan program "sand box", yang memungkinkan pergerakan bebas di lokasi tertentu, kata Menteri Kesehatan Anutin Charnvirakul.

BACA JUGA: Catat! Pemerintah Larang Warga Inggris, Norwegia dan Denmark Masuk Indonesia

Usulan itu didorong oleh kekhawatiran atas penyebaran Omicron, kata Anutin kepada acara televisi “Inside Thailand”, seraya menambahkan bahwa proposal itu akan segera dibuat untuk gugus tugas Covid-19 pemerintah.

Pernyataan menteri datang setelah Thailand dibuka kembali untuk pengunjung asing pada November, mengakhiri hampir 18 bulan kebijakan masuk ketat yang berkontribusi pada runtuhnya pariwisata, industri utama dan pendorong ekonomi yang menarik 40 juta pengunjung pada 2019.

BACA JUGA: Gelombang Kelima Covid-19, Belanda Kembali Terapkan Lockdown Ketat Hingga Januari 2022

Thailand telah mendeteksi 63 orang terinfeksi varian Omicron sejauh ini, kata Anutin. Satu kasus tercatat sebagai transmisi lokal dan sisanya kasus impor.

Kasus pertama yang ditularkan secara lokal ditemukan pada seorang wanita Thailand yang dites positif Omicron setelah tertular virus dari suaminya, seorang warga Kolombia yang kembali ke Thailand dari Nigeria pada akhir November, seorang pejabat kementerian kesehatan mengatakan pada pengarahan harian.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

"Dia berpotensi menjadi orang pertama di Thailand yang mendapatkan Omicron dari pelancong luar negeri, suaminya, dan kasus penularan lokal pertama," kata Chakrarat Pittayawonganon, pejabat dari Departemen Pengendalian Penyakit sebagaimana dilansir Reuters.

Baik suami maupun istri telah divaksinasi lengkap dengan vaksin AstraZeneca, katanya.

Pasangan itu memiliki satu kontak berisiko tinggi, seorang sopir taksi, yang sedang dikarantina dan menunggu tes coronavius kedua pada Rabu (22/12/2021), tambah Chakrarat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini