Share

Balas Dendam, Rusia Usir 2 Diplomat Jerman

Agregasi VOA, · Selasa 21 Desember 2021 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 21 18 2520432 balas-dendam-rusia-usir-2-diplomat-jerman-MkXleDzM4F.jpg Kantor Kedutaan besar Jerman di Moskow, Rusia (Foto: Reuters)

RUSIA - Rusia mengusir dua diplomat Jerman pada Senin (20/12) sebagai tanggapan balasan terhadap pengusiran dua diplomat Rusia oleh pemerintah Jerman pada minggu lalu.

Pertikaian di antara kedua negara dimulai ketika pengadilan Jerman minggu lalu menyatakan Rusia telah memerintahkan pembunuhan mantan militan Chechnya Zelimkhan “Tornike” Khangoshvili di Berlin pada 2019.

Pengadilan Jerman telah menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup terhadap Vadim Krasikov, seorang warga Rusia atas tuduhan pembunuhan. Pengadilan menggambarkan pembunuhan itu sebagai “pelanggaran serius atas hukum Jerman dan kedaulatan Republik Federal Jerman.”

Rusia langsung merespon vonis tersebut dengan menuduh keterlibatan Rusia itu sebagai tuduhan yang konyol.

Baca juga: Jerman Usir 2 Diplomat Usai Dinyatakan Bersalah Kasus Pembunuhan

Kementerian Luar Negeri Rusia memanggil duta besar Jerman untuk mengumumkan pengusiran tersebut.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Jerman mengatakan pejabat Rusia menyebut langkah itu sebagai tindakan timbal balik.

Baca juga: Diplomat Rusia Ditemukan Tewas di Trotoar Luar Kedutaan Jerman 

“Langkah (yang diambil pemerintah Rusia) tersebut tidak mengejutkan, tetapi (langkah itu) sama sekali tidak beralasan (jika dilihat dari) dari sisi pemerintah federal,” demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Jerman.

“Keputusan Kementerian Luar Negeri Rusia ini menyebabkan ketegangan baru dalam hubungan kedua negara,” lanjutnya.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini