Share

Menteri Dalam Negeri Australia Akan Kunjungi Indonesia, Sri Lanka dan AS

Tim Okezone, Okezone · Selasa 21 Desember 2021 16:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 21 18 2520469 menteri-dalam-negeri-australia-akan-kunjungi-indonesia-sri-lanka-dan-as-CHpNqzSdiZ.jpg Menteri Dalam Negeri Australia Karen Andrews (Foto: ABC News)

AUSTRALIAMenteri Dalam Negeri Australia Karen Andrews akan berkunjung ke Indonesia, Amerika Serikat (AS), dan Sri Lanka untuk memperkuat hubungan Australia dengan mitra-mitra dekatnya dan memajukan kerja sama dalam isu-isu strategis yang menjadi kepentingan bersama.

“Dalam kunjungan saya ke Indonesia, bersama mitra saya dari Indonesia, Menteri Mahfud MD, kami akan bersama-sama memimpin Pertemuan Tahunan Dewan Menteri Australia-Indonesia yang ke-delapan. Kami akan membahas kerja sama lanjutan dalam prioritas bersama untuk kawasan, termasuk memerangi terorisme dan kekerasan ekstremisme, meningkatkan keamanan maritim serta meningkatkan keamanan siber,” terangnya dalam pernyataan dalam siaran media yang dirilis Selasa (21/12).

Kunjungan ini didasarkan pada komitmen dan kemitraan Pemerintah Australia di AS dan Indo-Pasifik.

Baca juga: Australia Golongkan Kelompok The Base dan Hizbullah Sebagai Organisasi Teroris

“Saya berharap dapat melanjutkan kolaborasi dengan mitra internasional dalam mencapai tujuan kita bersama,” lanjutnya.

Di AS, Andrews akan bertemu dengan sejumlah pejabat senior dan mitra penegakan hukum untuk membahas dan memperdalam kerja sama, khususnya dalam bidang keamanan siber, melindungi infrastruktur penting, melawan terorisme, serta mencegah kejahatan serius dan terorganisir.

Baca juga: Australia Akan Cabut Larangan Warganya Bepergian ke Luar Negeri

Kemudian, selama kunjungan ke Sri Lanka, Andrews akan membangun hubungan sepanjang tiga perempat abad dengan negara itu sekaligus terus berkolaborasi dalam bidang keamanan regional dan ancaman transnasional, termasuk melawan penyelundupan manusia.

Tahun 2022 juga menandai 75 tahun sejak Australia pertama kali menjalin hubungan diplomatik bersama Sri Lanka.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini