Share

Pengedar Narkoba Hias Pohon Natal dengan Uang Kertas Rp380.000 dan Sekantong Sabu

Susi Susanti, Okezone · Sabtu 25 Desember 2021 14:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 25 18 2522514 pengedar-narkoba-hias-pohon-natal-dengan-uang-kertas-rp380-000-dan-sekantong-sabu-SzWTA4wwOk.jpg Pohon Natal dihias dengan uang kertas dan sabu (Foto: Twitter/MerseyPolice)

MERSEYSIDE - Seorang pengedar narkoba membuat keputusan unik untuk mendekorasi pohon Natal dengan uang kertas sebesar 20 poundsterling (Rp380.000) dan sekantong bubuk putih sabu.

Polisi mengklaim mereka menemukan foto itu di telepon Martin Porcelli setelah dia ditangkap setelah penyelidikan selama setahun terhadap geng kriminal di Merseyside, Inggris. Pohon bertema ‘Breaking Bad’ ini diyakini dipajang di rumahnya dan menjadi pusat perhatian keluarga.

"Kami menangkap Porcelli sebagai bagian dari Operation Overboard, lalu kami melihat dekorasi Natal yang diambil di teleponnya (apa yang salah dengan pohon cemara yang bagus dengan beberapa pernak-pernik dan hiasan sederhana?)," kata pasukan itu.

"Kami juga menangkap delapan orang lainnya sebagai bagian dari Overboard dan menemukan banyak paket menarik di bawah pohon (juga di bagian lain rumah mereka), yaitu obat-obatan senilai 1,3 juta poundsterling (Rp25 miliar),” cuit Polisi Merseyside kemarin.

Baca juga: Dijanjikan Upah Rp30 Juta, Satu Keluarga Nekat Jadi Pengedar Narkoba

Sembilan anggota geng kemarin dijatuhi hukuman di Pengadilan Mahkota Liverpool dengan hukuman penjara total lebih dari 89 tahun.

Detektif menemukan empat terdakwa menggunakan Encrochat di web gelap untuk mencoba menyembunyikan transaksi mereka.

 Baca juga: Gembong Narkoba Terbesar Diekstradisi ke AS

Empat dari tersangka, Sinclair, O'Brien, Conroy dan Meehan diadili dan dinyatakan bersalah oleh juri. Lima pelaku lainnya mengaku bersalah.

Detektif juga berhasil menyita uang tunai lebih dari 282.500 poundsterling (Rp5,4 miliar), senjata api dan amunisi hingga sejumlah besar obat-obatan Kelas A selama penyelidikan dengan nilai lebih dari 1,3 juta poundsterling (Rp25 miliar).

"Hukuman hari ini terhadap sembilan orang di bawah Operasi Venetic dan Operasi Overboard adalah sukses besar,” ujar Detektif Paul McVeigh.

"Menyusup ke geng ko-konspirator ini adalah operasi tersendiri, dan menyenangkan melihat 11 pelaku dalam kelompok kejahatan terorganisir ini dipenjara karena kejahatan mereka,” lanjutnya.

"Petugas kami telah bekerja keras dalam penyelidikan selama setahun untuk mengungkap geng kejahatan ini, yang berada di bawah kendali Sean Burrell, yang mempekerjakan rekan kriminal untuk melanjutkan kriminalitasnya,” ujarnya.

"Kami telah menemukan uang tunai, senjata api dan obat-obatan setelah pencarian di alamat,” ungkapnya.

"Persidangan Thomas O'Brien adalah yang pertama melibatkan data Encrochat di Merseyside, dan ada lebih banyak lagi sejak itu. Meskipun dia menentang menggunakan perangkat Encrochat, kasusnya diadili, dan bukti yang memberatkannya begitu kuat sehingga dia ditemukan bersalah dengan keputusan bulat pada bulan November,” tambahnya.

"Saya akan meminta siapa pun yang memiliki informasi tentang siapa yang memasok atau menjual narkoba di daerah mereka untuk menghubungi kami sehingga kami dapat mengambil tindakan,” terangnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini