Share

Peristiwa Aneh, 'Hujan Ikan' Terjadi saat Angin Puting Beliung Melanda

Susi Susanti, Okezone · Senin 03 Januari 2022 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 03 18 2526734 peristiwa-aneh-hujan-ikan-saat-angin-puting-beliung-melanda-YmzyHE7RBx.jpg 'Hujan ikan' terjadi di Kota Texas (Foto: The City of Texarkana, Texas)

TEXASPeristiwa aneh terjadi di langit di atas Kota Texas, Texarkana, yakni 'hujan ikan' saat angin puting beliung melanda daerah itu.

Setelah hujan dan awan gelap besar yang terjadi, sesuatu yang tidak terduga terjadi. Yaitu ikan jatuh dari langit.

Tom Brigham mengatakan kepada surat kabar lokal The Texarkana Gazette tentang bagaimana dia tertegun menyaksikan hujan ikan turun dari langit dan memantul dari beton di luar toko ban yang dia kelola.

"Itu hujan es dan sepertinya akan ada tornado," katanya.

"Dan ada ikan yang jatuh,” lanjutnya.

 Baca juga: Pastikan Gizi Terpenuhi, Anak-Anak Harus Diberi Ikan

Melissa Curry mengatakan kepada surat kabar itu bahwa dia "terperangah" menemukan sekitar 20 ikan berserakan di halamannya.

Meski terkesan aneh dan hanya terjdi di film, momen ini sebenarnya memiliki penjelasan yang ilmiah.

Angin puting beliung yang kuat diyakini mengambil banyak ikan seukuran telapak tangan di jalurnya, sebelum kehilangan tenaganya dan menjatuhkan ikan-ikan itu ke sekitar kota.

Baca juga: 4 Bencana Puting Beliung Paling Parah, Pohon Tumbang hingga Rumah Rusak

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Dewan Kota Texarkana memposting penjelasan itu di halaman Facebook-nya awal pekan ini.

"2021 mengeluarkan semua trik ... termasuk menghujani ikan di Texarkana ... Dan tidak, ini bukan lelucon. Hujan hewan adalah fenomena yang terjadi ketika hewan air kecil seperti katak, kepiting, dan ikan kecil tersapu oleh puting beliung atau angin yang terjadi di permukaan bumi. Mereka kemudian diguyur hujan bersamaan dengan turunnya hujan,” tulisnya.

“Meskipun jarang terjadi, namun hal itu terjadi, sebagaimana dibuktikan di beberapa tempat di Texarkana,” lanjutnya.

Menurut National Geographic, "hujan hewan" adalah fenomena cuaca nyata yang terjadi ketika hewan-hewan kecil tersapu oleh aliran air atau aliran udara ke atas, dan kemudian jatuh kembali bersama tetesan air hujan.

Waterspouts terbentuk sebagai awan badai dahsyat yang berputar di atas air, seperti laut, danau, atau kolam. Awan ini membentuk angin puyuh seperti tornado (pusaran) yang mencelupkan ke dalam air, dan kadang-kadang dapat menarik benda-benda kecil ke dalam corongnya.

National Geographic menyatakan hujan kelelawar, ikan, ular, burung, katak, dan ubur-ubur pernah dilaporkan terjadi selama berabad-abad.

Postin-an dewan itu meminta warga untuk mengirimkan gambar hujan ikan. "Dan tolong, demi semua orang, mari beralih ke 2022 dengan setenang mungkin,” ujarnya.

Beberapa orang mem-posting gambar ikan kecil yang berserakan di halaman rumput. Seorang wanita memposting foto dirinya berdiri di samping seekor ikan yang berukuran sekitar setengah dari ukuran kakinya.

“Itu pasti sesuatu yang saya tidak akan percaya jika saya tidak melihatnya dengan mata kepala sendiri,” terang wanita itu.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini