Share

Update Aktivitas Semeru, Awan Panas Meluncur 5 Km dan Beberapa Kali Gempa

Yayan Nugroho, iNews · Kamis 06 Januari 2022 11:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 06 340 2528177 update-aktivitas-semeru-awan-panas-meluncur-5-km-dan-beberapa-kali-gempa-i6G6uUoUCh.jpg Gunung Semeru (Foto: Instagram/@explore.semeru)

LUMAJANG - Aktivitas vulkanik Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, hingga Kamis (6/1/2022) pagi, masih fluktuatif. Dalam kurun waktu satu minggu terakhir, Gunung Semeru telah tiga kali memuntahkan awan panas guguran dengan jarak luncur berkisar 4.000 hingga 5.000 meter atau 5 Km.

Meski tidak berdampak ke permukiman warga, akibat awan panas tersebut, sejumlah desa di kaki gunung terdampak hujan abu.

Dari update data pos pengamatan Gunung Api Semeru, hingga pukul 00.00 hingg 06.00 WIB tercatat, Gunung Semeru mengalami aktivitas kegempaan berupa gempa guguran sebanyak 30 kali, gempa vulkanik dalam satu kali, dan gempa tektonik lokal satu kali.

Sejak satu minggu terakhir, Gunung Semeru memuntahkan awan panas guguran sebanyak 3 kali dengan jarak luncur mencapai 4 hingga 5 Kilometer. Meski awan panas guguran gunung semeru tidak berdampak ke permukiman warga, namun sejumlah desa di kaki gunung semeru mengalami hujan abu.

Baca Juga : Gunung Semeru Kembali Luncurkan Awan Panas Guguran hingga 5 Kilometer

Aktivitas vulkanik Gunung Semeru yang cenderung masih tinggi, membuat petugas mengimbau masyarakat yang berada di kaki gunung untuk selalu waspada dan melakukan arahan petugas.

Hingga hari ini, status Gunung Semeru masih di level 3 siaga, di mana masyarakat dilarang untuk beraktivitas diradius 13 kilometer dari puncak Gunung Semeru.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini