Share

Indonesia Kirim 2 Pesawat Bantuan Kemanusiaan ke Afghanistan

Rahman Asmardika, Okezone · Minggu 09 Januari 2022 11:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 09 18 2529453 indonesia-kirim-2-pesawat-bantuan-kemanusiaan-ke-afghanistan-7AgFyBlyOt.jpg Foto: Dok. Kemlu RI.

JAKARTA – Indonesia mengirimkan dua pesawat berisi bantuan kemanusiaan ke Afghanistan pada Minggu (9/1/2022). Bantuan kemanusiaan ini merupakan bagian dari komitmen Indonesia untuk mendukung rakyat Afghanistan.

“Sesuai dengan arahan Bapak Presiden, bantuan kemanusiaan ini merupakan tambahan dari bantuan kemanusiaan dan bantuan kerja sama pembangunan yang telah di-pledge-kan oleh Indonesia atau telah dikomitmenkan oleh Indonesia sebelumnya,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Bandara Soekarno Hatta saat melepas keberangkatan kedua pesawat tersebut.

BACA JUGA: PERISKOP 2022: Krisis Afghanistan di Bawah Pemerintahan Taliban

Kedua pesawat tersebut membawa bantuan berupa kebutuhan makanan dan nutrisi yang sangat dibutuhkan rakyat Afghanistan saat ini. Masing-masing pesawat akan dikawal oleh diplomat, tim medis dan tim pengamanan.

Menurut Menlu Retno, bantuan ini dikirimkan untuk merespons situasi di Afghanistan yang memburuk dengan 23 juta penduduk yang terancam kelaparan dan 3 juta anak-anak terancam mengalami malnutrisi.

BACA JUGA: Indonesia Komitmen Sumbang USD5 Juta untuk Afghanistan

Dia menekankan bahwa situasi di kemanusiaan di Afghanistan perlu perhatian dan bantuan dari dunia internasional, karena dapat berdampak pada stabilitas negara itu secara keseluruhan.

“Indonesia terus berupaya memperkuat dan berkontribusi dalam diplomasi kemanusiaan. Buat Indonesia, safety and wellbeing rakyat akan selalu menjadi prioritas,” jelas Menlu RI.

Dalam mempersiapkan bantuan kemanusiaan ini, Indonesia terus melakukan koordinasi dengan Badan-badan PBB yang berada di lapangan, khususnya World Food Program.

Selain menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk jangka pendek, Indonesia juga tengah mempersiapkan bantuan jangka panjang bagi Afghanistan. Bantuan tersebut termasuk pendidikan dan peningkatan kapasitas, terutama untuk kaum perempuan di Afghanistan.

“Indonesia ingin melihat rakyat Afghanistan, termasuk kaum perempuan Afghanistan dapat hidup damai, stabil dan sejahtera,” tutup Menlu RI.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini