Share

BMKG Imbau Warga Lampung Waspada di Puncak Musim Hujan Selama Dua Hari ke Depan

Antara, · Senin 10 Januari 2022 16:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 10 340 2530034 bmkg-imbau-warga-lampung-waspada-di-puncak-musim-hujan-selama-dua-hari-ke-depan-xgvOfIMfic.jpg BMKG (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Lampung mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi puncak musim hujan yang diprakirakan terjadi pada 10-12 Januari 2022.

"Secara umum wilayah Lampung diperkirakan berpotensi berawan pada pagi hari, dan hujan ringan hingga lebat pada siang dan malam hari. Prakiraan cuaca ini berlaku untuk tanggal 10 sampai 12 Januari 2022," ujar Kasi Data dan Informasi BMKG Lampung, Rudi Haryanto, Senin (10/1/2022).

Ia mengatakan, pada dua bulan ini tepatnya di Januari hingga Februari diprakirakan menjadi puncak musim hujan, sehingga masyarakat diminta untuk tetap meningkatkan kewaspadaan menghadapi dampak akibat situasi cuaca itu.

"Imbauan kami kepada masyarakat dalam menghadapi musim hujan dan juga puncak musim hujan yang diprakirakan pada bulan Januari dan Februari 2022 ini adalah masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan dan mitigasi terhadap dampak yang bisa ditimbulkan akibat curah hujan tinggi," katanya.

Menurutnya, dampak yang bisa ditimbulkan meliputi terjadinya genangan, banjir bandang, angin puting beliung, longsor, dan bagi pengendara kendaraan kondisi jalan licin akibat hujan lebat.

"Peningkatan kewaspadaan ini selain dilakukan oleh masyarakat. Juga harus dilaksanakan pemerintah daerah dengan mempersiapkan buffer stock dan melakukan langkah mitigasi dini sehingga bila terjadi bencana tidak menimbulkan kepanikan dan ketidaksiapan," ucapnya.

Baca juga: Gempa M5,5 Halmahera Utara, BNPB: 2 Orang Luka, Puluhan Rumah dan Tempat Ibadah Rusak

Dia menjelaskan, sejumlah daerah yang berpotensi mengalami hujan lebat terinci pada tanggal 10 Januari akan terjadi di Kabupaten Lampung Barat Way Kanan, Tanggamus, Lampung Utara, Lampung Tengah, Way Kanan, Pringsewu, Pesawaran, Kota Bandarlampung, Lampung Selatan, Kota Metro, Lampung Timur, Lampung Selatan, Mesuji, Tulang Bawang pada siang dan sore hari. Sedangkan di wilayah Kabupaten Lampung Tengah, Tulang Bawang, Mesuji hujan akan terjadi pada malam dan dini hari.

Baca juga: Gempa M5,5 di Halmahera Utara, 16 Rumah Rusak dan 2 Orang Terluka

Sedangkan pada tanggal 11 Januari 2022 potensi hujan lebat akan terjadi pada siang dan sore hari yang ada di Kabupaten Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Lampung Utara, Waykanan, dan Lampung Tengah.

Selanjutnya, pada tanggal 12 Januari potensi hujan lebat pada siang dan sore hari akan terjadi di Kabupaten Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Lampung Utara, Waykanan, Lampung Tengah.

Sebelumnya Badan, Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini akan potensi hujan lebat di tiga provinsi yakni Provinsi Bali, Bengkulu, Lampung, dan Papua Barat.

Baca juga: Terjadi 50 Gempa Susulan Pasca-Dua Gempa M5,2 dan M5,5 di Halmahera Utara

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini