Pilot Tewas Usai Jet Tempur Tabrak Gunung, Angkatan Udara Korsel Lakukan Penyelidikan

Susi Susanti, Okezone · Rabu 12 Januari 2022 08:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 18 2530848 pilot-tewas-usai-jet-tempur-tabrak-gunung-angkatan-udara-korsel-lakukan-penyelidikan-1CQhUJEQNU.jpg Pilot tewas akibat jet tempur tabrak gunung (Foto: AFP)

SEOUL - Seorang pilot Angkatan Udara Korea Selatan (Korsel) tewas dalam kecelakaan jet tempur F-5 pada Selasa (11/1), seminggu setelah negara itu mengandangkan armada F-35-nya.

Menurut otoritas militer, jet itu menabrak sebuah gunung di Hwaseong, sekitar 50 km selatan ibu kota Seoul.

Kementerian pertahanan dalam sebuah pernyataan mengatakan pilot tunggal di pesawat gagal melontarkan diri dan tewas dalam kecelakaan itu.

Baca juga: Detik-Detik Menegangkan Pilot Lolos dari Maut Usai Pesawatnya Ditabrak Kereta

Angkatan udara mengatakan sedang menyelidiki penyebab kecelakaan itu. F-5E adalah jet tempur generasi tua dengan desain yang berasal dari tahun 1960-an.

Pekan lalu, Korsel mengandangkan seluruh armada jet tempur canggih F-35, setelah salah satu dari mereka terpaksa melakukan pendaratan darurat yang dramatis setelah kerusakan sistem utama.

Baca juga: Pilot Maskapai Ini Sering Lakukan Kesalahan Gara-gara Jarang Terbang

Setelah roda pendarat di jet tidak bisa digunakan, pilot memilih untuk tidak mengeluarkan roda dan malah mendaratkan jet di bagian perutnya. Pilot diketahui tidak mengalami cedera.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini