Share

PBB Canangkan Pendanaan Rp71 Triliun untuk Bantu Rakyat Afghanistan

Agregasi VOA, · Rabu 12 Januari 2022 12:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 18 2530991 pbb-canangkan-pendanaan-rp71-triliun-untuk-bantu-rakyat-afghanistan-bZhlrCUVMA.jpg Foto: Reuters.

NEW YORK โ€“ Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Selasa (11/1/2022) meluncurkan permohonan pendanaan yang mencapai rekor USD5 miliar (Rp71 triliun) lebih untuk membantu menyelamatkan 28 juta orang di Afghanistan dan lima negara tetangganya yang menjadi tempat mengungsi.

Sebagian besar dana itu, USD4,4 miliar (Rp62,9 triliun), akan digunakan untuk memberikan bantuan penting bagi 22 juta warga Afghanistan, atau hampir separuh populasi negara itu, yang menghadapi kelaparan akut.

BACA JUGA: PERISKOP 2022: Krisis Afghanistan di Bawah Pemerintahan Taliban

Hampir 9 juta orang dilaporkan tidak lama lagi akan terjebak dalam kelaparan.

Koordinator Bantuan Darurat PBB Martin Griffiths mengatakan seruan kemanusiaan itu adalah yang terbesar di dunia, menandai besarnya krisis di Afghanistan.

โ€œTanpa intervensi, hampir 4 juta anak di bawah usia 5 tahun akan kekurangan gizi, lebih dari 1 juta di antaranya parah. Staf kami di lapangan menyaksikan tragedi ini terjadi setiap hari dan di seluruh negeri,โ€ kata Griffiths. โ€œIni adalah momen dampak luar biasa bagi rakyat Afghanistan.โ€

BACA JUGA: PBB: Rakyat Afghanistan Perlu Bantuan untuk Hidup

Wakil administrator Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (AS), Isobel Coleman, saat berbicara di acara tersebut, mengumumkan USD308 juta (sekira Rp4,4 triliun) tambahan bantuan kemanusiaan AS.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Tambahan ini membuat total bantuan AS untuk Afghanistan dan untuk pengungsi Afghanistan di wilayah tersebut menjadi hampir USD782 (Rp11,8 triliun) juta sejak Oktober lalu.

Negara-negara Eropa juga mengumumkan kontribusi baru untuk rencana penanggulangan kemanusiaan Afghanistan.

Badan-badan bantuan PBB menggambarkan penderitaan Afghanistan sebagai salah satu krisis kemanusiaan yang berkembang cepat di dunia, dengan 9 juta lebih warga Afghanistan diperkirakan menjadi pengungsi di dalam negeri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini