Australia Catat Rekor Hari Terpanas, Suhu Mencapai 50,7 Derajat Celcius

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 14 Januari 2022 05:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 18 2531948 australia-catat-rekor-hari-terpanas-suhu-mencapai-50-7-derajat-celcius-IQaDDvff8F.jpg Ilustrasi. (Foto: Ist.)

PERTH - Australia telah mencatat rekor hari terpanas setelah sebuah kota pesisir terpencil melaporkan suhu 50,7C pada Kamis (13/1/2022). Suhu yang tercatat di Onslow, Australia Barat itu menyamai rekor yang dibuat pada 1962 di Australia Selatan.

Onslow dan daerah sekitarnya bisa melihat rekor tersebut pecah lagi dengan suhu yang akan naik sedikit pada Jumat (14/1/2022). .

BACA JUGA: Didatangi Lucifer, Italia Alami Suhu Terpanas yang Pernah Tercatat di Eropa

Kenaikan suhu itu terjadi setelah Australia Barat melaporkan kebakaran hutan besar bulan lalu. Satu kebakaran di dekat Margaret River menghanguskan lebih dari 6.000 hektar lahan, memaksa evakuasi.

Biro Meteorologi Australia pada Kamis mengonfirmasi ahwa Onslow menyamai rekor tersebut pada pukul 14:26 waktu setempat.

Menurut media lokal, suhu rata-rata di Onslow saat ini adalah 36,5C.

BACA JUGA: Suhu Kutub Utara Capai Rekor Terpanas pada 2020

Dua kota lain di Australia, Mardie dan Roebourne, melaporkan suhu lebih dari 50C pada Kamis, demikian diwartakan BBC.

Luke Huntington, dari Biro Meteorologi, mengatakan bahwa penumpukan udara panas di wilayah tersebut disebabkan oleh kurangnya badai petir.

Dia mengatakan orang-orang " ekstra berhati-hati dengan tetap berada di dalam ruangan dengan AC, atau jika mereka harus berada di luar ruangan, untuk tetap berada di tempat teduh dan terus mengonsumsi cairan".

Seorang warga Roeburn, Mark Barratt, mengatakan kepada ABC News bahwa suhu menjadi sangat tinggi sehingga AC di kantor mereka berhenti bekerja.

"Mereka mulai merasakan tekanan, itu sudah pasti," katanya.

Peramal cuaca BBC Chris Fawkes mengatakan bahwa suhu akan naik sedikit pada Jumat tetapi akan mendingin di hari-hari berikutnya.

Gelombang panas menjadi lebih mungkin dan lebih ekstrem karena perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia.

Dunia telah menghangat sekitar 1,2C sejak era industri dimulai, dan suhu akan terus meningkat kecuali pemerintah di seluruh dunia melakukan pemotongan tajam terhadap emisi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini