Share

Viral Video Emir Bahrain Dikawal Robot Raksasa Canggih, Ini Faktanya

Rahman Asmardika, Okezone · Minggu 16 Januari 2022 10:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 16 18 2532899 viral-video-emir-bahrain-dikawal-robot-raksasa-canggih-ini-faktanya-uCctA42JNt.jpg Tangkapan layar dari video yang viral di media sosial.

SEBUAH video yang viral di media sosial menunjukkan seorang pria berjalan dengan diikuti oleh robot raksasa. Deskripsi video itu mengklaim bahwa pria itu adalah Emir Bahrain yang tiba di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) dan robot yang berada di belakangnya adalah ‘pengawalnya’.

BACA JUGA: Koboi Jalanan yang Todongkan Senjata Api di Kota Batu Ditangkap

“Raja Bahrain tiba di Dubai dengan robot bodyguardnya. Bisa 6 bahasa, menyelamatkan dia dr kerusuhan (digendong) . Bisa berantem, ngejar, nembak. Robotnya punya alat kejut listrik, 360 drajat sistem kamera juga infrared kamera. 3 buah senjata mesin tersembunyi dengan amunisi yg cukup untuk melawan 1050 org, dan senjata api sniper laser. Juga membawa obat2an dan air. Bodyguard robot seharga $7.4 juta US,” demikian diklaim video tersebut.

Namun, video tersebut adalah sebuah video hoaks, yang diketahui pertama kali muncul YouTube pada Februari 2019, menurut India Times.

BACA JUGA: Putra Mahkota Salman bin Hamad Ditunjuk sebagai Perdana Menteri Baru Bahrain

Pria yang berjalan di depan robot itu bukanlah Emir Bahrain, Hamad bin Isa Al Khalifa dan robot raksasa yang mengikutinya bukanlah pengawalnya. Robot itu adalah robot terkenal yang bernama ‘Titan’.

Titan adalah sebuah robot yang dibangun oleh perusahaan Inggris Cyberstein Robots untuk tampil di berbagai acara publik dan pribadi. Robot ini memiliki tinggi sekira 2,43 meter dengan berat 60 kg.

Video itu diambil dari pameran pertahanan Idex yang digelar pada 2019 di Abu Dhabi, UEA, di mana Titan dipamerkan kepada pengunjung. Dalam video itu bahkan terlihat bendera UEA di bahu dan lengan Titan.

Meski tidak disangkal kecanggihannya, Titan dipastikan tidak memiliki kemampuan tempur, apalagi menjadi pengawal Emir Bahrain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini