Share

Patroli Prokes, Petugas Gabungan Kota Cirebon Bubarkan Kerumunan di Kafe

Hasan Hidayat, MNC Portal · Minggu 13 Februari 2022 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 12 340 2546374 patroli-prokes-petugas-gabungan-kota-cirebon-bubarkan-kerumunan-di-kafe-piyMtlhL4G.jpg Petugas gabungan bubarkan kerumunan kafe di Cirebon (Foto: istimewa)

CIREBON - Ratusan orang yang sedang asyik nongkrong di kafe di Kawasan Ruko Pekalipan Kota Cirebon berhamburan membubarkan diri saat petugas gabungan dari Satpol PP, TNI - Polri dan instansi terkait lainnya datang ke lokasi, Sabtu (12/2/2022) malam.

Kedatangan petugas gabungan tersebut merupakan kegiatan patroli protokol kesehatan, mengingat pada pekan ini Kota Cirebon masuk pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3. Pasalnya kasus aktif Covid-19 semakin meningkat.

Kepala Seksi Pengawasan Bidang Penegakan Peraturan Daerah Satpol PP Kota Cirebon M Rahmat Hidayat menjelaskan, dengan kegiatan tersebut, pihaknya melakukan sosialisasi, edukasi dan mengingatkan beberapa tempat yang didapati kerumunan orang tentang penerapan protokol kesehatan.

Baca juga: Satpol PP Tangsel Tindak Tegas 130 Orang dan 3 Swalayan yang Abai Prokes

"Kami datangi beberapa tempat, jalan dari Balaikota, kami berhenti di Alun-alun Kejaksan, memang ada kerumunan dan masyarakat yang tidak mengenakan masker, kami datangi dan berikan masker," ucapnya.

Rahmat mengatakan, pihaknya tegas membubarkan kerumunan yang ada di salah satu tempat kopi, karena tidak mungkin jika hanya diingatkan jaga jarak atau jangan berkerumun.

Baca juga: Cegah Tawuran, Satpol PP Bongkar 17 Kios Miras Ilegal di Kota Bogor

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

"Kami beri kelonggaran kepada pelaku usaha yang buka sore bisa sampai jam 00.00 WIB, tapi dengan kapasitas maksimal 50 persen, tadi di pekalipan kafe tempat ngopi yang di ruko, orang ramai sulit kalau hanya diingatkan jaga jarak, jadi kami bubarkan, tetap dengan cara yang humanis," jelasnya.

Rahmat menegaskan, kegiatan patroli ini terkait PPKM level 3 di Kota Cirebon, jadi prokes harus lebih ketat. "Kami beri imbauan kepada pelaku usaha agar membatasi pengunjung, maksimal 50 persen," ucap Rahmat.

Baca juga: Langgar Prokes, Acara Reuni Mahasiswa Dibubarkan Anggota Satpol PP

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini