Share

Perkenalkan, Bangkok Punya Nama Baru Krung Thep Maha Nakhon

Susi Susanti, Okezone · Kamis 17 Februari 2022 12:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 17 18 2548711 perkenalkan-bangkok-punya-nama-baru-krung-thep-maha-nakhon-VGUiWI3oDj.jpg Kota Bangkok, Thailand punya nama baru (Foto: Global Look Press)

BANGKOK - Ibu kota Thailand, Bangkok, akan mengubah nama Bahasa Inggris resminya menjadi ‘Krung Thep Maha Nakhon’. Hal ini diumumkan Kantor Royal Society (ORST) negara itu pada Rabu (16/2). Krung Thep Maha Nakhon adalah nama ibu kota dalam Bahasa Thailand, sedangkan nama dalam Bahasa Inggris telah digunakan secara resmi sejak tahun 2001.

ORST menjelaskan perubahan itu diperlukan untuk lebih mencerminkan ‘situasi saat ini’.

Nama “Bangkok” berasal dari kawasan kota tua, yang dikenal sebagai Bangkok Noi dan Bangkok Yai, yang sekarang terdiri dari sebagian kecil dari 50 megapolis yang kuat di distrik yang menampung sekitar 10,5 juta orang.

Baca juga: Thailand Catat 2.070 Kasus Covid-19, Rekor Tertinggi Sejak Pandemi

Perubahan tersebut pada prinsipnya telah disetujui oleh kabinet politik negara, namun masih harus ditinjau oleh komite khusus pemerintah sebelum berlaku. Namun, nama "Bangkok" akan tetap dikenali, dan digunakan bersama dengan nama resmi bahasa Inggris yang baru.

 Baca juga: Kisah Restoran yang Gunakan Kuah Kaldu yang Sama Selama 45 Tahun, Resep Turun-temurun

Meskipun nama baru ini mungkin terlihat agak panjang bagi penutur bahasa Inggris, sebenarnya ini adalah versi singkat dari nama seremonial ibu kota. Nama lengkap kota ini adalah “Krungthepmahanakhon Amonrattanakosin Mahintharayutthaya Mahadilokphop Noppharatratchathaniburirom Udomratchaniwetmahasathan Amonphimanawatansathit Sakkathattiyawitsanukamprasit,” yang diterjemahkan sebagai “Kota para malaikat, kota besar para dewa, kota istana kerajaan yang megah, kota megah dari sembilan raja dewa-dewa yang berinkarnasi, didirikan oleh Vishvakarman atas perintah Indra.”

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini