Share

Milisi LPR Klaim Tembak Jatuh 2 Pesawat SU-24 Ukraina di Luhansk

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 24 Februari 2022 14:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 24 18 2552445 milisi-lpr-klaim-tembak-jatuh-2-pesawat-su-24-ukraina-di-luhansk-ZEvNF9no40.jpg Sukhoi Su-24. (Foto: Wikipedia)

KIEV – Milisi dari Republik Rakyat Luhansk (LPR), yang memproklamirkan diri, pada Kamis (24/2/2022) mengklaim telah menembak jatuh dua pesawat SU-24 Angkatan Udara Ukraina yang terbang di atas Smeloe and Stepovoe. 

Sebelumnya, Angkatan bersenjata Ukraina mengatakan telah menembak jatuh lima pesawat tempur dan satu helikopter Rusia di Wilayah Luhansk, beberapa jam setelah Moskow memulai operasi militer khusus di Ukraina timur pada Kamis.

BACA JUGA: Ukraina Klaim Tembak Jatuh 5 Pesawat dan 1 Helikopter Rusia, Langsung Dibantah 

"Tetap tenang dan percaya pada pembela Ukraina," demikian disampaikan angkatan bersenjata Ukraina dalam pernyataan yang dilansir BBC.

Kementerian Pertahanan Rusia telah membantah klaim Kiev tersebut, menyatakan bahwa tidak ada pesawatnya yang ditembak jatuh. Moskow mengklaim bahwa militernya telah menghancurkan semua pertahanan udara Ukraina.

“Tentara Perbatasan Ukraina tidak memberikan perlawanan terhadap divisi Rusia. Kemampuan anti-serangan udara Angkatan Bersenjata Ukraina telah ditekan. Infrastruktur militer pangkalan udara Angkatan Bersenjata Ukraina tidak berfungsi,” demikian pernyataan dari Kementerian Pertahanan Rusia yang dilansir RT.

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Kamis mengumumkan operasi militer khusus di wilayah Donetsk dan Luhansk, yang juga disebut dengan Donbass, di Ukraina timur. Langkah itu diambil setelah pada Senin (21/2/2022) Moskow mengumumkan pengakuan kemerdekaan separatis LPR dan Republik Rakyat Donetsk (DPR).

Putin berdalih operasi militer itu dilakukan untuk "demiliterisasi" dan "de-Nazifikasi" Ukraina agar menghentikan serangan pada dua republik di Donbass.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini