Share

Polisi Tangkap Ayah Kandung yang Lecehkan 3 Anak Perempuannya

Saldi Hermanto, Okezone · Kamis 24 Februari 2022 17:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 24 340 2552581 polisi-tangkap-ayah-kandung-yang-lecehkan-3-anak-perempuannya-0JoW9PTzYO.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

TIMIKA - Seorang ayah kandung di Kabupaten Mimika, Papua, ditangkap lantaran melakukan perbuatan bejat dengan melakukan pelecehan seksual pada tiga anaknya. Satu anak di antaranya bahkan telah disetubuhi oleh pelaku yang berinisial SAS (53), warga Kampung Nawaripi dalam, Timika.

Perbuatan cabul pelaku, sebelumnya sudah dilakukan terhadap anak perempuannya yang kini telah dewasa, bahkan ada yang telah berumah tangga.

Itupun baru terungkap setelah kasus baru yang diperbuat terhadap anaknya yang masih berusia 15 tahun dan merupakan pelajar pada salah satu sekolah menengah atas di Timika.

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasatreskrim) Polres Mimika, Iptu Bertu Haridyka Eka Anwar mengungkapkan bahwa, dari keterangan yang diperoleh ternyata perbuatan bejat pelaku pada anaknya yang berusia 15 tahun sudah dilakukan sejak November 2021. Namun baru sebatas pencabulan.

Terakhir, perbuatan persetubuhan oleh pelaku, dilakukan terhadap korban pada hari Minggu, 20 Februari 2022, ketika pelaku mengantar korban pergi beribadah ke gereja. Namun, dari pengakuan korban, ternyata persetubuhan sudah dilakukan ayahnya juga sebelumnya, dan itu terjadi di belakang rumah mereka.

"Keterangan sementara yang kami dapatkan, korban ini merupakan anak kelima dari enam bersaudara. Yang mana perbuatan ini telah dilakukan kepada kedua anaknya sebelumnya. Anaknya yang terakhir yang masih pelajar ini, itu yang sudah sampai disetubuhi," ungkap Kasatreskrim di Timika, Kamis (24/2/2022).

Perbuatan pelaku awalnya dengan modus menyuruh korban memijatnya. Lalu pelaku menyentuh bagian-bagian vital korban hingga akhirnya memaksa korban melakukan hubungan layaknya orang dewasa.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Usai kasus ini dilaporkan pihak keluarga ke Mapolres Mimika pada 23 Februari 2022, saat itu juga pelaku langsung ditangkap di kediamannya dan dijebloskan ke ruang tahanan.

"Tim berhasil melakukan penangkapan di rumah pelaku di area Nawaripi dalam. Kita berhasil mengamankan juga baju dan cenana dalam milik korban (barang bukti)," ujar Iptu Bertu.

Atas perbuatannya, pelaku terancam Pasal 81 ayat (3) juncto Pasal 76d Undang-Undang Nomor 35 tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Lantaran pelaku merupakan ayah kandung, ancaman hukuman 15 tahun pidana penjara ditambah sepertiga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini