Share

Imbas Serangan Rusia, Ukraina Tutup Jalur Penerbangan Demi Keselamatan Warga

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 25 Februari 2022 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 25 18 2553026 imbas-serangan-rusia-ukraina-tutup-jalur-penerbangan-demi-keselamatan-warga-UyR42Lw9kI.jpg Kondisi Ukraina terkini. (Foto: Twitter)

JAKARTA - Imbas perang dengan Rusia, kini Ukraina telah menutup penerbangan untuk warga sipil, Kamis (24/2/2022).

Hal itu dilakukan untuk menjaga keselamatan, mengingat bahaya terbang di daerah perbatasan Rusia dan Belarusia, karena adanya kegiatan militer.

 BACA JUGA:Serangan Rusia ke Ukraina Bisa Bikin Harga LPG Naik Lagi?

Lalu, dari keterangan situs resmi layanan penerbangan Ukraina, mereka mengatakan wilayah udara negara itu ditutup untuk penerbangan sipil mulai dari 0045 GMT.

Kemudian, untuk layanan lalu lintas udara pun juga ditangguhkan.

Badan Keselamatan Penerbangan Uni Eropa (EASA) menyebut, kalau wilayah udara di Rusia dan Belarusia dalam jarak 100 mil laut dari perbatasan berisiko untuk dilewati.

"Secara khusus, terdapat risiko penargetan yang disengaja dan kesalahan identifikasi pesawat sipil," ujar pihak EASA dalam buletin zona konflik.

“Kehadiran dan kemungkinan penggunaan berbagai sistem peperangan darat dan udara menimbulkan risiko tinggi bagi penerbangan sipil yang beroperasi di semua ketinggian dan tingkat penerbangan," tambahnya.

 BACA JUGA:Diserang Rusia, Tentara Ukraina Dapat Sumbangan Bitcoin Rp5,7 Miliar

Sebagai informasi, pencegahan itu juga berasalan agar kondisi dulu tak terulang lagi.

Di mana Malaysia Airlines MH17 ditembak jatuh di Ukraina timur pada 2014.

Diketahui, Kementerian Pertahanan Rusia telah mengirim pesan mendesak ke Ukraina tentang risiko tinggi terhadap keselamatan penerbangan.

Kini, dalam situs website yang menunjukkan penerbangan intelijen di atas atau di dekat Ukraina saat pihak Barat dengan sengaja menunjukkan dukungan.

Karena sebelumnya, mereka mengirimkan sinyal yang dapat dideteksi dalam beberapa pekan terakhir menunjukkan ruang kosong saat pesawat pergi dan Ukraina dinyatakan sebagai zona konflik.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini