Share

Sejarah Hari Ini: NATO Lancarkan Aksi Militer Pertama Sejak Pembentukannya

Rahman Adrian, iNews · Senin 28 Februari 2022 01:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 27 18 2553932 sejarah-hari-ini-nato-lancarkan-aksi-militer-pertama-sejak-pembentukannya-rizRP7LNcB.jpg Foto: Reuters.

PADA 28 Februari 1994 Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) melancarkan aksi militer pertama dalam 45 tahun sejarahnya saat pesawat tempur Amerika Serikat (AS) melakukan misi pengeboman yang melanggar zona larangan terbang Bosnia.

Amerika Serikat, 10 negara Eropa, dan Kanada mendirikan NATO pada 1949 sebagai perlindungan terhadap agresi Soviet. Dengan berakhirnya Perang Dingin, anggota NATO menyetujui penggunaan kekuatan militernya untuk misi penjaga perdamaian di negara-negara di luar aliansi dan pada 1994 setuju untuk menegakkan resolusi PBB yang diberlakukan untuk mengakhiri konflik berdarah di bekas Yugoslavia.

BACA JUGA: NATO Aktifkan Pasukan Respon Cepat Pertama Kalinya, 40.000 Tentara Siap Perang Lawan Rusia 

Pada 1994 dan 1995, pesawat-pesawat NATO memberlakukan zona larangan terbang di atas Bosnia-Herzegovina dan beberapa kali menyerang posisi militer dan lapangan udara Serbia Bosnia.

Setelah melancarkan pengeboman, pada 20 Desember 1995, NATO memulai pengerahan massal 60.000 tentara untuk menegakkan perjanjian perdamaian Dayton, yang ditandatangani di Paris oleh para pemimpin bekas Yugoslavia pada 14 Desember.

Pasukan NATO mengambil alih dari pasukan penjaga perdamaian PBB yang gagal mengakhirinya. pertempuran tersebut sejak penempatannya pada awal 1992, meskipun pasukan PBB telah terbukti penting dalam pendistribusian bantuan kemanusiaan kepada penduduk miskin Bosnia.

Pasukan NATO, dengan dukungan AS dan tujuan terfokus untuk menegakkan perjanjian Dayton, terbukti lebih berhasil dalam menjaga perdamaian di wilayah yang dilanda perang.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini