Share

Polisi Tangkap 9 Penyalur Pekerja Migran Ilegal

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Sabtu 05 Maret 2022 09:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 05 340 2556701 polisi-tangkap-9-penyalur-pekerja-migran-ilegal-pBqhiVAGou.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)

MEDAN - Polisi menangkap sebanyak 9 orang tersangka pelaku penyalur pekerja migran yang beroperasi secara ilegal di Sumatera Utara. Mereka ditangkap usai mencoba memberangkatkan secara ilegal sebanyak 86 orang calon pekerja migran ke Malaysia.

Direktur pada Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Sumut, Kombes Toni Ariadi Effendi, mengatakan kesembilan tersangka adalah HN (33) AP (34) S (38) IH (31) Z (38) MF (23) JM (40) H (44) dan LI (35). Kesembilan pelaku terdiri dari nahkoda, ABK dan orang yang membantu keberangkatan.

“Selain 9 orang ini, masih ada 5 orang lagi yang kami buru dan sudah dimasukkan dalam daftar pencarian orang (DPO). Kelima orang ini merupakan pengurus, yang mencari maupun yang mensponsori keberangkatan,” ujar Kombes Toni didampingi Kepala Bidang Humas Polda Sumut, Kombes Hadi Wahyudi.

BACA JUGA:Polisi Tangkap Pelaku Pengiriman PMI Ilegal ke Malaysia 

Atas perbuatannya, kata Kombes Toni, kesembilan pelaku penyalur pekerja migran ilegal ini dijerat dengan Pasal 81 Jo Pasal 69 Subs Pasal 83 Yo Pasal 68 UU RI Nomor 18 tahun 2012 tentang Perlindungan Migran Indonesia Jo Pasal 55 dan Pasal 56 KUHPidana.

“Ancaman hukumannya sepuluh tahun dan denda sebesar Rp15 Miliar,” tutup Kombes Toni.

BACA JUGA:Perintah KSAL terkait Penyelundupan PMI Ilegal: Tangkap Sebelum Berangkat! 

Sementara itu, jelas Toni, sebanyak 86 pekerja migran ilegal yang hendak diberangkatkan berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Rencananya para pekerja migran ilegal akan diberangkatkan melalui wilayah Kabupaten Asahan.

“Itu dari beberapa daerah, dari NTB, Jawa Timur, Jawa Barat, Lampung, Palembang, Jambi, Bengkulu maupun dari Sumatera Utara. Dari 86 orang hanya 23 yang punya paspor. Saat ini kita sedang berupaya untuk memulangkan mereka ke daerah masing-masing,” tukasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini