Share

Waspada! Bandung Barat Rawan Sambaran Petir, Tujuh Rumah Hangus Terbakar

Adi Haryanto, Koran SI · Sabtu 12 Maret 2022 00:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 11 340 2560301 waspada-bandung-barat-rawan-sambaran-petir-tujuh-rumah-hangus-terbakar-oQczxqXuAB.jpg Ilustrasi. (Foto: Dok Okezone.com)

BANDUNG BARAT - Hujan disertai angin kencang masih berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Bandung Raya hingga akhir Maret 2022. Selain itu, sambaran petir juga masih mengancam.

Kondisi itu bahkan telah terjadi sejak sepekan terakhir. Bahkan pada Rabu (9/3/2022) ada tujuh rumah yang terbakar akibat petir yang menyambar kabel listrik. Sambaran petir menimbulkan percikan api dan merembet ke rumah warga. 

"Akhir-akhir ini hujan disertai petir dan angin kencang, selalu turun setiap hari bahkan dari siang hingga malam. Cuacanya ekstrem," kata warga Cimareme, Ngamprah, Hendra Gunawan (40), Jumat (11/3/2022).

Hendra menyebutkan cuaca di KBB saat ini sulit diprediksi, pagi hingga siang panas tapi sore sampai malam hujan. Agar mencegah hal-hal tidak diinginkan, dirinya kerap mematikan aliran listrik saat hujan dan petir menerjang. 

Baca juga: 25 Rumah Warga Rusak Parah Usai Diterjang Puting Beliung

Terkait kondisi cuaca saat ini, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan penjelasan jika saat ini terjadi belokan angin sehingga memicu pertumbuhan banyak awan cumulonimbus (Cb). 

Prakirawan BMKG Bandung, Muhammad Iid menjelaskan, awan cumulonimbus ini menyimpan banyak energi sehingga memicu hujan lebat, hujan es, dan petir. Terutama jika berada di ketinggian sekitar 11 kilometer dari permukaan tanah. 

"Awan ini berdampak pada cuaca ekstrem, hujan lebat, hujan es, petir, dan angin kencang. Karena menyimpan banyak energi dan multi sel," ujar dia.

Dikatakannya, periode musim hujan ini bakal terjadi hingga akhir Maret 2022. Bahkan bulan ini disebut waktu di mana curah hujan paling tinggi bakal terjadi. Berdasarkan data klimatologis yang diinput selama 30 tahun terakhir, Maret 2022 menjadi bulan dengan curah hujan tertinggi. 

"Kami mengimbau warga waspada terhadap potensi bencana akibat cuaca ekstrem. Serta menghindari tempat tinggi dan terbuka atau berteduh di bawah pohon," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini