Share

Diduga Mata-Mata, Polandia Akan Usir 45 Diplomat Rusia

Susi Susanti, Okezone · Kamis 24 Maret 2022 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 24 18 2566891 diduga-mata-mata-polandia-akan-usir-45-diplomat-rusia-OghElOi5CR.jpg Kedutaan Besar Rusia di Polandia (Foto: The Moscow Times)

POLANDIA - Badan Keamanan Dalam Negeri Polandia (ISA) mengumumkan pada Rabu (23/3) Polandia akan mengusir 45 diplomat Rusia yang diduga bekerja sebagai mata-mata.

Orang-orang yang dicurigai digambarkan sebagai "petugas layanan khusus Rusia dan orang-orang yang terkait dengan mereka" yang menikmati status diplomatik di Polandia. Kepala Badan Krzysztof Waclawek telah meminta Kementerian Luar Negeri untuk menyatakan mereka persona non grata.

ISA mengatakan telah mengumpulkan bukti kegiatan klandestin atau kegiatan yang dilakukan secara diam-diam oleh para tersangka. Salah satunya terkait dengan seorang warga negara Polandia yang ditangkap pada 17 Maret karena dicurigai melakukan spionase untuk Rusia.

Baca juga:  Dianggap Gagal Melindungi, Rusia Akan Evakuasi Diplomatnya dari Ukraina

Pernyataan ISA mengungkapkan pengusiran yang mengancam sejumlah besar diplomat dipiccu karena kebijakan Rusia terhadap Republik Polandia dan sekutunya dan serangan Rusia terhadap Ukraina.

Baca juga: Balas Dendam, Rusia Usir 2 Diplomat Jerman

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

Layanan diplomatik Rusia mengkonfirmasi bahwa duta besarnya di Warsawa, Sergey Andreev, telah dipanggil oleh Kementerian Luar Negeri Polandia pada Rabu (23/3). Andreev membenarkan bahwa dia diberi catatan dengan nama 45 diplomat Rusia yang harus meninggalkan negara itu dalam waktu lima hari.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan Moskow akan menanggapi pengusiran dengan tindakan yang sesuai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini