Share

Tok! Cabuli Mahasiswi, Dosen Unsri Divonis 6 Tahun Penjara

Dede Febriansyah, MNC Portal · Kamis 14 April 2022 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 14 610 2579053 tok-cabuli-mahasiswi-dosen-unsri-divonis-6-tahun-penjara-C07XskKZQB.jpg Dosen Unsri divonis 6 tahun penjara terkait pelecehan seksual (Foto: Dede Febriansyah)

PALEMBANG - Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Palembang menjatuhkan vonis hukuman pidana selama enam tahun penjara terhadap Aditya Rol Azmi, oknum dosen FKIP Universitas Sriwijaya. Aditya menjadi terdakwa dalam kasus tindak pidana asusila.

Dalam sidang yang digelar, Aditya Rol Azmi yang dihadirkan secara virtual dinyatakan oleh Majelis Hakim PN Palembang yang diketuai Fatimah, terbukti bersalah melakukan tindak pidana asusila sebagaimana diatur melanggar Pasal 294 Ayat (2) ke 2 KUHP tentang perbuatan asusila.

BACA JUGA:Duh! Dosen Unesa Video Call Tanpa Busana dan Lecehkan Mahasiswinya saat Bimbingan Skripsi 

Majelis Hakim juga sependapat dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Sumsel mengenai unsur pertimbangan yang memberat terdakwa yakni, terdakwa merupakan tenaga pendidik yang harusnya contoh baik bagi anak didiknya.

"Sementara pertimbangan yang meringankan, terdakwa mengaku bersalah dan menyesali perbuatannya," ujar Hakim Ketua, Fatimah, saat membacakan pertimbangan hal yang meringankan di PN Palembang, Kamis (14/4/2022).

Diketahui, vonis yang dijatuhkan kepada terdakwa Aditya Rol Asmi sama dengan tuntutan JPU Kejati Sumsel. Atas vonis tersebut, terdakwa yang saat ini dilakukan penahanan di Rutan Pakjo Palembang menyatakan pikir-pikir terhadap putusan tersebut.

Sementara itu, terdakwa melalui penasihat hukumnya, Darmawan mengaku akan segera berkoordinasi dengan kliennya yang berkemungkinan akan melakukan upaya hukum banding.

"Karena kami menilai klien kami telah berterus terang dan jujur di persidangan, namun nyatanya itu tidak ada apresiasi dari majelis hakim untuk mengurangi pidana sebagaimana tuntutan JPU," ucapnya.

BACA JUGALecehkan Mahasiswi, Dosen Cabul Unsri Terancam Hukuman 12 Tahun Penjara 

Untuk diketahui, pada Desember 2021 lalu Ditreskrimum Polda Sumsel resmi menetapkan oknum dosen Aditya Rol Azmi sebagai tersangka atas kasus dugaan pelecehan seksual terhadap mahasiswi DR (22).

Dugaan tindak pidana asusila itu dilakukan terdakwa Aditya Rol Azmi, dengan modus memberikan bimbingan skripsi terhadap korban yang kejadiannya berlangsung di Laboratorium Sejarah FKIP Unsri Kampus Indralaya, Ogan Ilir, pada Sabtu 25 September 2021.

Berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TPK) bersama korban pada Rabu 1 Desember 2021, penyidik mencatat ada beberapa perbuatan fisik yang dilakukan tersangka terhadap korban, seperti mencium dan meraba korban, namun tidak sampai berhubungan badan. Tersangka mengakui perbuatan dan mengamankan barang bukti pakaian korban.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini