Share

Misa Kamis Putih, Paus Fransiskus Kunjungi Penjara Italia, Cuci dan Cium Kaki 12 Napi

Susi Susanti, Okezone · Jum'at 15 April 2022 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 15 18 2579501 misa-kamis-putih-paus-fransiskus-kunjungi-penjara-italia-cuci-dan-cium-kaki-12-napi-9wGCZxtmnY.jpg Paus Fransiskus mencuci dan mencium kaki 12 narapidana (Foto: Reuters)

VATIKAN - Paus Fransiskus mengunjungi sebuah penjara Italia untuk Misa Kamis Putih dan membasuh serta mencium kaki 12 narapidana untuk memperingati sikap kerendahan hati Yesus terhadap para rasulnya pada malam sebelum dia meninggal.

Sebelumnya, para pendahulu Paus mengadakan kebaktian di Basilika Santo Petrus atau katedral Roma lainnya. Tetapi setelah pemilihannya pada 2013, Paus melanjutkan tradisi yang dulunya dilakukan saat dia menjabat sebagai Uskup Agung Buenos Aires dengan mengunjungi penjara atau panti jompo.

Tahun ini, Paus Fransiskus pergi ke penjara di kota pelabuhan Civitavecchia, barat laut Roma di pantai Mediterania.

Baca juga: Paus Fransiskus Kutuk Pembantaian Massal, Sebut Perang di Ukraina Ditandai Kekuatan Jahat

Sebuah video yang dirilis oleh Vatikan menunjukkan Paus mencuci dan mencium kaki 12 narapidana pria dan wanita dari berbagai usia, termasuk seorang wanita yang tampaknya sudah lanjut usia.

 Baca juga: Sambil Pegang Bendera Ukraina, Paus Kutuk Pembantaian Warga Sipil di Bucha

“Kami para pendeta harus menjadi yang pertama melayani orang lain, bukan mengeksploitasi orang lain,” katanya kepada para tahanan dalam homili singkat yang diimprovisasi selama Misa di kapel penjara.

"Ini adalah cara untuk mengatakan 'Saya tidak menghakimi siapa pun. Saya mencoba melayani semua orang,'" lanjutnya.

Dia mengatakan kepada mereka bahwa Tuhan akan menghakimi mereka tetapi juga akan siap untuk mengampuni mereka.

Dalam dua tahun terakhir, versi layanan yang diperkecil diadakan di dalam Vatikan karena pembatasan Covid-19.

Kunjungan penjara, yang tertutup untuk umum dan tertutup untuk umum, adalah yang kedua dari dua kebaktian pada Kamis (14/4), awal dari tiga hari kegiatan yang intens menjelang Paskah.

Pada Jumat Agung, hari umat Kristen memperingati kematian Yesus dengan penyaliban, paus memimpin dua kebaktian, termasuk prosesi lilin "Via Crucis" (Jalan Salib) di sekitar Colosseum Roma.

Tahun ini, keputusan Vatikan untuk melibatkan warga Ukraina dan Rusia dalam prosesi itu telah menimbulkan gesekan dengan para pemimpin Katolik Ukraina, yang ingin agar prosesi itu dipertimbangkan kembali.

Pada Sabtu (16/4)malam, Paus berusia 85 tahun itu akan mengadakan Misa Malam Paskah di Basilika Santo Petrus.

Pada Minggu Paskah, hari terpenting dalam kalender liturgi Kristen, ia mengucapkan Misa di Lapangan Santo Petrus dan kemudian menyampaikan pesan dan berkat "Urbi et Orbi" (ke kota dan dunia) dua kali setahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini