Share

Ratusan Pemukim Israel Serbu Masjid Al-Aqsa, Kibarkan Bendera Zionis

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 05 Mei 2022 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 05 18 2589651 ratusan-pemukim-israel-serbu-masjid-al-aqsa-kibarkan-bendera-zionis-vHnjFNQ7Ux.jpg Foto: Reuters.

YERUSALEM - Ratusan pemukim Israel menyerbu kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki pada Kamis (5/5/2022) pagi di bawah perlindungan pasukan keamanan Israel. Aksi itu dilakukan untuk menandai Hari Kemerdekaan Israel.

Kantor berita Palestina WAFA melaporkan, pemukim mengibarkan bendera Israel saat berada di halaman masjid, untuk menandai peringatan berdirinya Israel 74 tahun yang lalu, ketika ratusan ribu warga Palestina diusir dari rumah mereka.

Pasukan keamanan Israel mengepung jamaah di salah satu tempat sholat dan menembakkan gas air mata, bom suara, dan peluru karet untuk memaksa mereka keluar, kata WAFA.

Kelompok pemukim telah menyerukan dalam beberapa hari terakhir untuk Israel untuk menandai Hari Kemerdekaan dengan menuju ke kompleks untuk mengibarkan bendera Israel dan menyanyikan lagu kebangsaan Israel.

Sebagai tanggapan, kelompok-kelompok Palestina termasuk Fatah menyerukan warga Palestina untuk pergi ke kompleks tersebut dan menghentikan para pemukim, demikian diwartakan The New Arab.

Pasukan Israel mulai membatasi pergerakan ke dalam dan di sekitar kompleks pada Rabu (4/5/2022) malam, tetapi membuka gerbang untuk pemukim pada Kamis pagi.

Pasukan Israel menyerbu Masjid Al-Aqsa pada Selasa malam dan melarang azan malam untuk menyanyikan lagu kebangsaan dan mengibarkan bendera untuk menandai Hari Peringatan Israel.

Masjid Al-Aqsa adalah situs tersuci ketiga dalam Islam. Kompleks itu juga berisi dua situs suci Yahudi; menurut kesepakatan antara Israel dan Palestina, orang-orang Yahudi diizinkan untuk mengunjungi kompleks, tetapi tidak untuk berdoa di sana.

Pemukim dan tentara Israel menyerbu kompleks masjid beberapa kali selama bulan suci Ramadan, yang berakhir awal pekan ini. Ratusan jemaah Palestina terluka dan ratusan lainnya ditangkap oleh pasukan keamanan Israel.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini