Share

Ada Pelabuhan Tambahan, Arus Lalin dari Cilegon Menuju Anyer Berlakukan Buka Tutup

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Jum'at 06 Mei 2022 16:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 06 340 2590046 ada-pelabuhan-tambahan-arus-lalin-dari-cilegon-menuju-anyer-berlakukan-buka-tutup-GSaKh7RWkQ.jpg Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga (Foto: MNC Portal)

JAKARTA - Pemerintah menambahkan beberapa pelabuhan di Sumatera maupun di Pulau Jawa untuk mendukung kelancaran arus balik lebaran 2022. Pelabuhan tersebut adalah Pelabuhan Panjang di Lampung dan Pelabuhan Ciwandan di Cilegon.

Sehingga nantinya bongkar muat tidak hanya terjadi di pelabuhan Merak, namun juga di distribusikan ke pelabuhan Ciwandan yang menerima kapal dari pelabuhan panjang.

Kabid Humas Polda Banten, Shinto Silitonga mengatakan pihaknya telah melakukan langkah antisipasi untuk mengurai kemacetan yang bakal terjadi akibat adanya penambahan pelabuhan baru tersebut.

"Kami memberlakukan pola buka tutup untuk arus dari Cilegon barat menuju ke Ciwandan Anyer, pada saat kapal sandar, maka nanti akan ada ratusan kendaraan," ujar Kabid Humas Polda Banten di Merak, Jumat (6/5/2022).

Baca juga: Puncak Arus Balik, Menhub Tinjau Rekayasa Lalu Lintas di Gerbang Tol Kalikangkung

Shinto Silitonga menjelaskan pihaknya akan memprioritaskan kendaraan yang selesai bongkar muat di pelabuhan Ciwandan untuk sampai menuju akses tol. Sehingga lalu lintas yang ada di sekitar pelabuhan tersebut kemungkaran akan dilakukan buka tutup.

Baca juga: Antisipasi Kemacetan Arus Balik, Pelabuhan Selain Merak dan Bakauheni Disiapkan

"Maka ratusan kendaraan yang dari kapal akan kami prioritaskan, karena sasaran dari kendaraan tersebut langsung ke jalan tol," sambungnya.

"Dengan demikian buka tutup kami kami hentikan ke arah Anyer, kami prioritaskan untuk mendahului kapal yang bongkar kendaraan laju ke Jalan tol Cilegon Barat," kata Shinto.

Kabid Humas Polda Banten itu menambah jumlah kapal yang terdata sejak kemarin adalah sebanyak 42 unit yang mengangkut masyarakat pada arus balik mudik lebaran 2022.

Baca juga: Ada One Way Tol Japek, Arus Lalin di Simpang Susun Cawang Arah Cikampek Dialihkan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini