Share

Detik-Detik Mencekam saat Kecelakaan Maut Bus Pariwisata di Ciamis

Agung Bakti Sarasa, Koran SI · Sabtu 21 Mei 2022 23:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 21 525 2598080 detik-detik-mencekam-saat-kecelakaan-maut-bus-pariwisata-di-ciamis-RACAZN6b9u.jpg Kecelakaan bus pariwisata di Ciamis, Jawa Barat (Foto: Antara)

CIAMIS - Suasana mencekam menyelimuti peristiwa kecelakaan maut di Tanjakan Pari, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat pada Sabtu (21/5/2022) sore.

Kecelakaan melibatkan empat kendaraan, yakni Bus PO Pandawa, kendaraan mikro bus, kendaraan box, dan sepeda motor. 

Sesaat setelah peristiwa terjadi, warga langsung berhamburan. Dalam kepanikan, mereka berteriak bersahutan berupaya menyelamatkan para korban. Suasana di lokasi kejadian begitu mencekam.

Sejumlah rumah tampak rusak berat setelah dihantam Bus PO Pandawa. Bahkan, tembok-tembok rumah yang hancur menyebabkan debu berhamburan ke udara hingga membuat suasana semakin mencekam.

Bus nahas berkelir putih dan merah muda itu tampak teronggok dengan bagian depan bus menabrak rumah warga.

Sebagian warga berupaya membantu mengevakuasi penumpang bus lewat kaca belakang bus yang pecah. Warga lainnya tampak menggotong sejumlah korban dari dalam rumah yang hancur.

"Tulung (tolong), tulung ieu (tolong ini)," teriak warga yang berupaya menolong korban.

Tidak hanya sejumlah rumah yang rusak berat akibat dihantam bus. Sebuah mikro bus dan mobil box serta sepeda motor juga menjadi korban hantaman bus nahas itu dengan kerusakan cukup berat.

Lokasi kejadian juga tampak berantakan setelah dihantam Bus PO Pandawa yang juga mengalami rusak berat hingga seluruh kaca sampingnya pecah itu. 

Diketahui, tiga orang tewas akibat kecelakaan tersebut. Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo mengungkapkan, kecelakaan melibatkan empat kendaraan, yakni Bus PO Pandawa, kendaraan mikrobus, kendaraan box, dan sepeda motor.

Dia menuturkan, sebelum kecelakaan itu terjadi, Bus PO Pandawa datang dari arah Utara (Panjalu) menuju arah selatan (Panumbangan).

"Di lokasi kejadian, menemui jalan menurun dan menabrak kendaraan mikrobus yang sedang berhenti di pinggir jalan sebelah kiri, kemudian kendaraan bus menabrak kendaraan sepeda motor dan mobil box dari arah berlawanan lalu kendaraan menabrak rumah yang berada di kanan jalan," tutur Ibrahim.

Akibatnya, dua orang meninggal di Puskesmas Payungsari dan 3 Orang dirujuk ke RSUD Ciamis, 21 orang luka-luka dibawa ke Puskesmas Panjalu dan 1 orang lainnya meninggal dunia di Puskemas Panjalu.

"Korban meninggal tiga orang, lalu korban luka 24 orang," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini