Share

Putin Percepat Kewarganegaraan Rusia untuk Penduduk di 2 Wilayah Ukraina, Tuai Protes Keras

Susi Susanti, Okezone · Kamis 26 Mei 2022 17:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 26 18 2600770 putin-percepat-kewarganegaraan-rusia-untuk-penduduk-di-2-wilayah-ukraina-tuai-protes-keras-ovmKmBFtpe.jpg Putin memercepat kewarganegaraan Rusia bagi penduduk di 2 wilayah Ukraina (Foto: AFP)

MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Rabu (25/5/2022) mempercepat kewarganegaraan bagi penduduk dua wilayah Ukraina, memicu protes dari Kyiv bahwa langkah itu melanggar kedaulatannya.

Putin menandatangani dekrit yang mempengaruhi penduduk wilayah selatan Kherson, yang berada di bawah kendali penuh pasukan Rusia, dan wilayah tenggara Zaporizhzhia yang sebagian dikendalikan oleh Moskow.

Moskow dan pejabat pro-Moskow mengatakan kedua wilayah itu bisa menjadi bagian dari Rusia.

Baca juga:  Putin Diduga Berhasil Jalani Operasi Kanker Perut, Sempat Memburuk Tapi Akhirnya Membaik

“Sistem yang disederhanakan akan memungkinkan kita semua untuk melihat dengan jelas bahwa Rusia ada di sini tidak hanya untuk waktu yang lama tetapi selamanya,” terang Wakil pemimpin wilayah Kherson yang ditunjuk Moskow, Kirill Stremousov, kepada kantor berita negara RIA Novosti Rusia.

Baca juga:  Mantan Penasihat Gedung Putih: Putin Punya Bau yang Aneh dan Khas

"Kami sangat berterima kasih kepada Presiden Rusia Vladimir Putin atas semua yang dia lakukan untuk kami, untuk melindungi orang-orang Rusia di tanah bersejarah Rusia yang kini telah dibebaskan," tambahnya.

Dia mengatakan otoritas baru ingin membantu mereka yang ingin bergabung dengan keluarga besar Rusia.

Perintah resmi yang diterbitkan pada Rabu (25/5/2022) terjadi setelah dekrit 2019 yang mengizinkan prosedur jalur cepat yang sama untuk penduduk Republik Rakyat Donetsk dan Luhansk yang memproklamirkan diri, wilayah timur Ukraina yang memisahkan diri.

Pelamar tidak diharuskan untuk tinggal di Rusia, tidak perlu memberikan bukti dana yang cukup atau lulus tes bahasa Rusia.

Stremousov mengatakan aplikasi akan diproses dalam waktu tiga bulan dan wilayah Kherson telah mulai bekerja pada peluncuran pusat untuk mengeluarkan paspor Rusia,

Beberapa ratus ribu penduduk wilayah Donetsk dan Luhansk Ukraina telah menerima paspor Rusia.

Pada Senin (23/5/2022), pihak berwenang di Kherson memperkenalkan rubel sebagai mata uang resmi bersama hryvnia Ukraina. Pada Rabu (25/5/2022), pejabat yang dilantik oleh Moskow mengumumkan tindakan yang sama di beberapa bagian wilayah Zaporizhzhia.

Merespon hal ini, kementerian luar negeri Ukraina dengan cepat memprotes "penerbitan paspor secara ilegal".

“Langkah itu merupakan pelanggaran mencolok terhadap kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina, serta norma dan prinsip hukum humaniter internasional,” terang kementerian dalam sebuah pernyataan.

Di Washington, juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price menyuarakan keprihatinan bahwa rencana itu adalah bagian dari upaya Rusia untuk menundukkan rakyat Ukraina untuk memaksakan kehendak mereka dengan paksa.

"Itu adalah sesuatu yang akan kami tolak dengan paksa," kata Price kepada wartawan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini