Share

4 Tingkah Aneh WNA di Indonesia yang Meresahkan, Joget Bugil hingga Ganggu Rumah Tangga

Ajeng Wirachmi, Litbang Okezone · Selasa 31 Mei 2022 05:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 30 18 2602564 4-tingkah-aneh-wna-di-indonesia-yang-meresahkan-joget-bugil-hingga-ganggu-rumah-tangga-QGDDANgXAC.jpg Ilustrasi warga negara asing di Indonesia (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sekitar 23 ribu Warga Negara Asing (WNA) dikabarkan telah masuk ke Indonesia per Desember 2021. Jumlah tersebut berdasarkan data turis yang masuk melalui Bandara Udara Internasional Soekarno Hatta. Jumlahnya diprediksikan jauh lebih banyak, mengingat Indonesia memiliki beberapa bandara internasional lain. Para WNA umumnya datang dengan tujuan berbeda, ada yang berlibur bahkan bekerja. Namun, apa jadinya kalau tingkah para WNA ini meresahkan masyarakat? Berikut informasi mengenai tingkah WNA di Indonesia yang meresahkan.

1. Lakukan Skimming

Seorang warga negara Latvia diamankan Ditreskrimum Polda Metro Jaya karena terbukti melakukan pencurian uang nasabah sebuah bank dengan metode skimming. Penangkapan ini terjadi pada Mei 2022 dan dilakukan di Beji, Depok. Tertangkapnya tersangka lantaran adanya laporan dari salah satu bank bahwa pihaknya telah mengalami tindak pencucian uang. Usai menerima laporan, kepolisian langsung menyelidiki kamera pengawas yang ada di beberapa tempat dan melakukan olah TKP.

Baca juga: Ngaku Musafir dan Minta Uang ke Masjid, 2 Warga Negara Pakistan Dideportasi 

2. Menari Tanpa Busana

Jeffrey Douglas Craigen, WNA Kanada, terpaksa harus dideportasi ke negara asalnya karena telah melakukan hal meresahkan. Ia menari dalam keadaan telanjang di Gunung Batur, Kintamani, Bali dan diusir pada 10 Mei 2022. Perbuatannya itu dinilai masyarakat tidak menghargai budaya dan adat Bali. Sementara itu, Jeffrey mengaku membuat video tersebut karena hanya ingin mengekspresikan diri dan menarikan tarian Haka dari Selandia Baru.

Baca juga: Viral Bule Rusia Pamer Tato Ganesha di Paha, Niluh Djelantik Sampaikan Pesan Ini

Sebelum dipulangkan, ia sudah terlebih dahulu ditahan selama 14 hari karena tindakan tak pantasnya itu. Jeffrey tercatat sudah 3 kali datang ke Indonesia, yakni di tahun 2018, 2019, dan 2022. Selain Bali, ia mengaku sudah mengunjungi kota-kota wisata lain seperti Malang dan Lombok.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

3. Merampok Rumah

Komplotan perampok yang terdiri dari 4 WNA nekat merampok rumah seorang WNA asal Italia di Seminyak, Bali pada 11 Desember 2021. Polisi berhasil menangkap Nicola asal Italia dan Gregory yang merupakan WNA Inggris. Sementara itu, 2 WNA lain asal Polandia dan Rusia berhasil melarikan diri. Dalam melakukan aksinya, para pelaku menggunakan penutup kepala dan menodongkan pisau kepada korban. Di bawah ancaman, korban dipaksa untuk memberitahukan kata sandi binance. Pelaku berhasil merampas uang Rp5,8 miliar dari tangan korban. Beruntung polisi berhasil menangkap tersangka. Sebab, kemungkinan mereka akan melakukan serupa dan meresahkan masyarakat.

4. Ganggu Rumah Tangga

Seorang WNA China dianggap sudah meresahkan karena mengganggu rumah tangga sepasang suami istri di Jambi. WNA berinisial CH itu dilaporkan sudah mengganggu ketenangan dan ketertiban masyarakat sekitar dan langsung ditindak oleh imigrasi. CH diketahui bekerja di Kabupaten Tanjungjabung Barat, Jambi dan diusir dari Tanah Air pada Juli 2019.

Usai mendapat laporan, pihak imigrasi langsung melakukan penelusuran. Hasilnya, petugas tak menemukan kesalahan yang dilakukan oleh kantor CH. Sebab, CH masuk ke Indonesia dengan jalur resmi dan memiliki izin tinggal serta izin bekerja. Pelapor ingin bahwa kasus ini tidak sampai ke jalur hukum dan meminta CH untuk ditindak secara administrasi. Selain dideportasi, izin tinggal CH juga dicabut.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini