Share

Semakin Memanas, China Kerahkan 30 Pesawat Tempur ke Zona Pertahanan Udara Taiwan

Susi Susanti, Okezone · Selasa 31 Mei 2022 15:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 31 18 2603251 semakin-memanas-china-kerahkan-30-pesawat-tempur-ke-zona-pertahanan-udara-taiwan-HmV4EECsN0.jpg China kerahkan 30 pesawat tempur ke zona pertahanan Taiwan (Foto: Reuters)

TAIWAN - Taiwan mengatakan pihaknya mengerahkan jet tempur untuk memperingatkan 30 pesawat tempur yang dikirim oleh China ke zona pertahanan udaranya.

Insiden yang terjadi pada Senin (30/5/2022) ini menandai serangan terbesar sejak Januari lalu. Itu terjadi beberapa hari setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memperingatkan China agar tidak menyerang Taiwan, dan pada hari yang sama ketika seorang pejabat AS mengunjungi pulau itu untuk membahas keamanan dengan para pemimpin.

Senator AS Tammy Duckworth diketahui tiba di Taipei dalam kunjungan mendadak untuk membahas masalah keamanan regional dan perdagangan dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen.

China telah meningkatkan frekuensi misi udaranya dalam beberapa bulan terakhir, mengklaim bahwa itu adalah latihan.

 Baca juga: Menlu Taiwan: Jika China Luncurkan Perang, Kami Akan Berjuang Sampai Akhir

Langkah semacam itu telah membuat marah Taiwan dan meningkatkan ketegangan di kawasan itu.

China melihat Taiwan sebagai provinsi yang memisahkan diri, yang dapat diambil dengan paksa jika perlu.

Baca juga: 56 Pesawat Tempur China Serbu Zona Pertahanan Udara, Taiwan Desak China Hentikan Tindakan Provokatif   

Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan insiden terbaru termasuk 22 pesawat tempur, serta peperangan elektronik, peringatan dini dan pesawat antikapal selam.

Menurut peta yang disediakan kementerian, pesawat itu terbang di daerah di timur laut Kepulauan Pratas yang merupakan bagian dari zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Tetapi pesawat-pesawat itu tidak menyeberang ke wilayah udara Taiwan itu sendiri, yang akan dianggap sebagai tindakan permusuhan.

ADIZ adalah suatu wilayah di luar wilayah suatu negara dan wilayah udara nasional tetapi masih terdapat pesawat udara asing yang diidentifikasi, dipantau, dan dikendalikan untuk kepentingan keamanan nasional. Itu dideklarasikan sendiri dan secara teknis tetap menjadi wilayah udara internasional.

Taiwan telah melaporkan selama lebih dari setahun bahwa pesawat China telah terbang ke ADIZ-nya, menyebutnya perang "zona abu-abu" yang bertujuan untuk menguji respons militer mereka dan melemahkan mereka.

Analis sebelumnya mengatakan serangan itu adalah peringatan terhadap pemerintah Taiwan dari bergerak menuju deklarasi kemerdekaan formal.

Beijing telah mengatakan di masa lalu bahwa latihan itu ditujukan untuk melindungi kedaulatannya.

Biden telah merujuk serangan udara selama kunjungannya ke Asia yang berakhir pekan lalu - kunjungan pertamanya ke kawasan itu sebagai presiden.

Dia mengatakan China "sudah menggoda bahaya sekarang dengan terbang begitu dekat" ke Taiwan, dan mengeluarkan peringatan terkuatnya ke China, mengatakan AS akan bersedia untuk menanggapi militer jika Beijing ingin menyerang pulau itu.

Kata-katanya tampaknya menandai pergeseran dari kebijakan lama AS tentang "ambiguitas strategis" di Taiwan, yang memungkinkan AS untuk tetap samar-samar dengan sengaja tentang tanggapannya dalam situasi seperti itu.

Sementara itu, militer China mengatakan pekan lalu bahwa mereka baru-baru ini melakukan latihan di sekitar Taiwan sebagai "peringatan serius" terhadap "kolusi" dengan AS.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini