Share

Hujan Deras Picu Longsor di Bandung Barat, Material Tanah Tutup Jalan Kabupaten

Adi Haryanto, Koran SI · Senin 20 Juni 2022 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 20 525 2615009 hujan-deras-picu-longsor-di-bandung-barat-material-tanah-tutup-jalan-kabupaten-1k3emKcXiq.JPG Longsor di Bandung Barat (Foto: MPI)

BANDUNG BARAT - Hujan deras yang turun sejak siang mengakibatkan terjadi longsor di Kampung Cikubang RT 01/19 Desa Mandalasari, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat, Senin (20/6/2022).

Longsor dari tembok penahan tanah (TPT) setinggi kurang lebih 5 meter dan lebar sekitar 2 meter itu mengakibatkan akses jalan kabupaten tertutup total oleh material tanah longsor dan pepohonan.

"Kejadiannya tadi sekitar pukul 16.00 WIB, pas hujan deras turun sejak siang," terang Kasi Trantrib Kecamatan Cikalongwetan, Pipin Irawan saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Senin (20/6/2022).

Pipin menyebutkan, material tanah longsoran mengakibatkan menutup akses jalan kabupaten yang menghubungkan Ciawitali - Selakuning. Kendaraan baik roda empat ataupun roda dua tidak bisa melintas sama sekali karena jalan tertutup.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa longsor ini karena saat kejadian tidak ada pengguna kendaraan yang melintas. Hanya saja warga yang hendak melintas dari Ciawitali ke Selakuning ataupun sebaliknya harus memutar arah dengan jarak yang lebih jauh.

"Akses jalan tertutup total, jadi semua kendaraan tidak bisa melintas. Jadi sempat lumpuh karena motor maupun mobil sempat tidak bisa lewat," tuturnya.

Pihaknya bersama unsur relawan, Polsek Cikalongwetan, Damkar Poswil Cikalongwetan, Desa, dan dibantu warga sekitar lalu berupaya menyingkirkan material tanah yang menutup badan jalan. Setelah kurang lebih satu jam akses jalan sudah kembali bisa dilalui, meskipun pengendara motor harus ekstra hati-hati karena jalan masih licin.

"Kami meminta bantuan Damkar dari Poswil Cikalongwetan untuk menyemprot material tanah lumpur di jalan supaya tidak licin," kata Pipin.

Sejauh ini pihaknya telah melaporkan peristiwa longsor ini ke BPBD KBB dan akan ditindaklanjuti dengan membuat surat ke Plt Bupati Bandung Barat. "Ini harus ada perbaikan untuk TPT-nya oleh Dinas PUTR, karena akses jalur Ciawitali - Selakuning cukup vital dan sebagai upaya menghindari longsor susulan, mengingat hujan turun setiap hari," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini