Share

Gelar Latihan Militer Bersama, AS Bantu Israel Persiapkan Eskalasi Militer ke Lebanon

Susi Susanti, Okezone · Jum'at 24 Juni 2022 13:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 24 18 2617492 gelar-latihan-militer-bersama-as-bantu-israel-persiapkan-eskalasi-militer-ke-lebanon-FMWQ3IBwXj.jpg AS dan Israel gelar latihan militer bersama (Foto: US Marine Corps)

NEW YORK - Israel dan Amerika Serikat (AS) telah melakukan latihan militer bersama yang bertujuan untuk mengoordinasikan pertahanan udara, intelijen, dan logistik jika terjadi pertempuran dengan kelompok-kelompok bersenjata di Lebanon selatan.

Haaretz melaporkan pada Rabu (22/6/2022), latihan militer dilakukan selama seminggu terakhir dan diawasi oleh Komando Pusat AS (CENTCOM) dan Pasukan Pertahanan Israel (IDF), latihan tersebut bertujuan untuk mempersiapkan kedua negara untuk eskalasi militer di front utara Israel.

Namun, sementara CENTCOM dan IDF memainkan sejumlah skenario, kedua belah pihak tidak membahas kemungkinan "keterlibatan aktif AS" dalam serangan Israel terhadap Hizbullah, sebuah kelompok militan dan organisasi politik yang berbasis di Lebanon yang telah bentrok dan mematikan dengan Hizbullah sejak pasukan Israel didirikan pada 1980-an.

Latihan minggu ini berfokus pada potensi pertempuran di utara Israel, serta bagaimana menanggapi keterlibatan Iran bersama Hizbullah di Lebanon.

Baca juga: Laporan PBB: Pendudukan Abadi Israel di Wilayah Palestina, Akar Terjadinya Kekerasan

Meskipun hubungan militer AS dengan Israel sebelumnya dikoordinasikan di bawah Komando Eropa (EUCOM), tanggung jawab itu diserahkan kepada CENTCOM pada September lalu. Langkah tersebut telah menghasilkan peningkatan kerja sama antara kedua belah pihak, termasuk putaran terakhir latihan. Latihan serupa belum pernah diadakan di bawah EUCOM selama beberapa tahun, alih-alih berfokus pada sistem pertahanan saja.

Baca juga: Israel Gelar Latihan Rahasia, Simulasikan Serangan Besar-besaran Terhadap Fasilitas Nuklir Iran

IDF mengumumkan bahwa mereka akan melakukan latihan di sepanjang perbatasan dengan Lebanon pekan lalu, termasuk latihan artileri, meskipun tidak menyebutkan keterlibatan Amerika pada saat itu.

Kegiatan militer itu terjadi di tengah pertikaian teritorial antara Israel dan Lebanon, dengan kedua belah pihak saling mengklaim wilayah kaya energi di Mediterania.

Awal bulan ini, Presiden Lebanon Michel Aoun memperingatkan bahwa setiap upaya untuk memanfaatkan kekayaan lepas pantai tanpa terlebih dahulu menyelesaikan perselisihan akan dilihat sebagai “provokasi,” sementara laporan media Israel baru-baru ini menyatakan IDF sedang mempersiapkan kemungkinan serangan terhadap platform pengeboran di dekat perairan yang diperebutkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini