Share

3 Kapal Perang Canggih Angkatan Laut Rusia, Dilengkapi Mesin Nuklir Hingga Rudal Kalibr

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 25 Juni 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 24 18 2617739 3-kapal-perang-canggih-angkatan-laut-rusia-dilengkapi-mesin-nuklir-hingga-rudal-kalibr-XglhH7cHvE.jpg Battlecruiser Pyotr Velikiy. (Foto: Wikipedia)

JAKARTA – Rusia dikenal sebagai salah satu negara dengan kemampuan alutsista yang mumpuni. Berdasarkan indeks Global Firepower, Rusia menempati peringkat kedua kekuatan tempur dunia, berdasarkan jumlah kepemilikan alat tempur.

Di antara alutsista unggulkan Rusia adalah kekuatan maritim dan kapal perangnya, yang menjadi andalan untuk mempertahankan keamanan negara atau menyerang musuh-musuhnya.

BACA JUGA: 2 Kapal Perang Rusia Terlihat di Surabaya, Ada Apa?

Berikut beberapa kapal perang canggih yang dimiliki Rusia, sebagaimana dirangkum Tim Litbang MPI:

1. Pyotr Velikiy

Battlecruiser Pyotr Velikiy.

Memiliki bobot 28.000 ton battlecruiser Pyotr Velikiy dapat menampung 744 orang termasuk 82 perwira. Lambung kapal dibangun dengan bahan komposit baru yang dapat menyerap pancaran radio, membuat kapal ini memiliki kemampuan siluman.

Pyotr Velikiy ditenagai oleh tenaga nuklir serta turbin uap. Dua komponen tersebut memberi kekuatan 140.000 hp yang membantu kapal mencapai kecepatan maksimum 32 knot.

Persenjataan utama dari kapal ini adalah rudal anti-kapal jarak jauh P-800 Onyx yang dapat menembak target hingga jarak 650 km.

BACA JUGA: Admiral Tributs, Pemburu Kapal Selam Rusia Hadir di Jakarta

2. Admiral Gorshkov

Rudal jelajah hipersonik Zirkon ditembakkan dari fregat peluru kendali Admiral Gorshkov selama uji coba di Laut Barents. (Kemenhan Rusia via Reuters)

Kapal fregat Admiral Gorshkov mulai dibangun sejak 1 Februari 2006 dan mulai beroperasi pada 28 Juli 2018. Awalnya kapal ini dirancang untuk menguji penemuan ilmiah Moskow dan menjelajahi samudra, namun kini menjadi kekuatan yang diperhitungkan.

Admiral Gorshkov efektif melawan target, baik di atas maupun di bawah air, serta dapat mengeliminasi musuh dengan misil presisi dan melakukan pengintaian. Salah satu senjata yang dipergunakan dalam kapal ini adalah misil jelajah Kalibr.

Misil jelajah Kalibr dapat mencapai target di jarak hingga 2.500 kilometer dan menempuh jarak 20 meter di permukaan tanah, melewati medan berat dengan membawa hulu ledak 450 kilogram.

3. Admiral Kasatonov

Kapal fregat Admiral Kasatonov. (Foto: Kemenhan Rusia)

Kapal fregat ini dipersiapkan untuk mempertahankan perairan Rusia dan dilengkapi dengan teknologi antirudal. Admiral Kasatonov juga dilengkapi dengan teknologi siluman yang membuat konstruksi kapal sulit dideteksi radar.

Admiral Kasatonov mempunyai panjang 135 meter dan lebar 16 meter. Berat kapal pada saat garis air penuh adalah 4.500 ton hingga 5.400 dalam muatan penuh.

Kapal ini dapat menampung hingga 210 orang dan dibekali dengan Combined Gas-And-Gas (COGAG) yang membuatnya dapat mencapai kecepatan maksimal 29,5 knot.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini