Share

Bangkai Kapal Terdalam di Dunia 'Sammy B', Ditemukan

Rahman Asmardika, Okezone · Sabtu 25 Juni 2022 16:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 25 18 2618138 bangkai-kapal-terdalam-di-dunia-sammy-b-ditemukan-5EGyIF5jDM.jpg USS Samuel B Roberts sebelum tenggelam di Laut Filipina. (Foto: US Navy)

MANILA - Penjelajah telah menemukan bangkai kapal terdalam yang pernah diidentifikasi, kapal perusak pengawal angkatan laut Amerika Serikat (AS) yang tenggelam selama Perang Dunia II.

USS Samuel B Roberts jatuh selama Pertempuran Samar di Laut Filipina pada Oktober 1944. Kapal itu terletak di perairan 6.895m.

BACA JUGA: Titanic Terekam Kamera untuk Pertama Kalinya dalam 14 Tahun

Pemodal dan petualang Texas, Victor Vescovo, yang memiliki kapal selam selam dalam, menemukan "Sammy B" dalam kondisi rusak tetapi sebagian besar masih utuh.

Kapal ini terkenal karena aksi terakhirnya yang heroik melawan Jepang.

Kalah jumlah dan senjata, ia berhasil menahan dan membuat frustrasi beberapa kapal musuh sebelum akhirnya jatuh.

Dari 224 awak Samuel B Roberts, 89 tewas. 120 orang yang selamat berpegangan pada rakit penyelamat selama 50 jam menunggu penyelamatan.

Vescovo, seorang tentara cadangan angkatan laut pada masanya, mengatakan itu adalah suatu kehormatan yang luar biasa untuk menemukan kapal yang hilang dan dengan demikian memiliki kesempatan untuk menceritakan kembali kisah yang menakjubkan tentang kepahlawanan dan tugas.

BACA JUGA: Kapal Selam China Berhasil Capai Titik Terdalam Bumi

"Kami ingin mengatakan bahwa baja tidak berbohong dan bangkai kapal ini adalah saksi terakhir pertempuran yang mereka perjuangkan," katanya kepada BBC News.

Sammy B menyerang kapal penjelajah berat Jepang pada jarak dekat dan menembak begitu cepat sehingga amunisinya habis; harus menembakkan peluru asap dan peluru penerangan hanya untuk mencoba membakar kapal Jepang, dan terus menembak. hanya tindakan kepahlawanan yang luar biasa. Orang-orang itu - di kedua sisi - berjuang sampai mati."

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Dalam citra yang diambil oleh kapal selam petualang, Faktor Pembatas, adalah mungkin untuk melihat struktur lambung, senjata, dan tabung torpedo.

Sammy B memiliki lubang tusukan dari peluru meriam Jepang dan ada bukti di bagian buritan dari satu pukulan besar.

Dari penampilannya yang kusut, tampaknya kapal itu menabrak haluan dasar laut terlebih dahulu.

Untuk memberi gambaran seberapa dalam tempat peristirahatan itu, 98% dasar laut dunia memiliki kedalaman kurang dari 6.000 m. Hanya beberapa tempat di palung tektonik besar yang melampaui 6.000 m.

Pertempuran di Samar telah digambarkan sebagai salah satu pertempuran laut terbesar dalam sejarah. Keterlibatan yang ganas, pada akhirnya melihat Angkatan Laut Kekaisaran Jepang yang sangat terganggu menarik pasukannya.

Beberapa kapal dari kedua belah pihak hilang ke dasar laut.

Tahun lalu, Vescovo berhasil menemukan kapal perusak USS Johnston di kedalaman 6.460 m.

Mungkin saja ada yang lebih dalam dari Sammy B atau Johnston.

"Ada dua kapal Amerika lainnya yang belum ditemukan - USS Gambier Bay (pengangkut pengawal) dan USS Hoel (perusak)," kata Kelvin Murray dari EYOS, perusahaan yang mengorganisir dan memimpin ekspedisi Vescovo.

"Kami memiliki catatan sejarah yang berkaitan dengan di mana mereka mungkin tenggelam. Kami memang mencari Teluk Gambier, tetapi ini adalah pekerjaan detektif dan operasi laut dalam semacam ini belum pernah dilakukan sebelumnya. Saya tidak ingin melakukannya. gunakan frasa 'jarum di tumpukan jerami', karena ada lebih banyak penelitian yang dilakukan untuk membuat tumpukan jerami itu lebih kecil. Tapi masih ada sejumlah keberuntungan yang terlibat dalam semua ini."

Vescovo adalah orang pertama yang mengunjungi titik terdalam di lima samudera Bumi.

Dia juga mendaki puncak tertinggi di masing-masing dari tujuh benua; dan dia baru-baru ini pergi ke luar angkasa dengan New Shepard, sistem roket dan kapsul yang dikembangkan oleh pendiri Amazon.com Jeff Bezos.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini