Share

Bangkai Kapal Terdalam di Dunia, Kapal Perang Dunia II AS Ditemukan 7.000 Meter di Bawah Permukaan Laut Filipina

Susi Susanti, Okezone · Minggu 26 Juni 2022 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 26 18 2618541 bangkai-kapal-terdalam-di-dunia-kapal-perang-dunia-ii-as-ditemukan-7-000-meter-di-bawah-permukaan-laut-filipina-ANh4VqA0tn.jpg Kapal perang AS ditemukan 7.000 meter di bawah laut lepas pantai Filipina (Foto: AFP)

MANILA - Tim eksplorasi Amerika Serikat (AS) mengatakan sebuah kapal perusak angkatan laut AS yang tenggelam selama Perang Dunia II telah ditemukan hampir 7.000 meter di bawah permukaan laut di lepas pantai FilipinaIni menjadikannya kapal karam terdalam di dunia yang pernah ditemukan.

USS Samuel B Roberts jatuh selama pertempuran di lepas pantai tengah pulau Samar pada 25 Oktober 1944 ketika pasukan AS berjuang untuk membebaskan Filipina - yang saat itu merupakan koloni AS - dari pendudukan Jepang.

Perusahaan teknologi bawah laut yang berbasis di Texas, Caladan Oceanic mengatakan sebuah kapal selam berawak memfilmkan, memotret dan mengamati lambung kapal "Sammy B" yang rusak selama serangkaian penyelaman selama delapan hari bulan ini.

Gambar menunjukkan peluncur torpedo tiga tabung kapal dan mount senjata.

Baca juga: AS Kerahkan Jet Tempur dan Kapal Perusak Bantu UEA Hadapi Serangan Rudal Pemberontak Houthi di Yaman

"Beristirahat di 6.895 meter, sekarang menjadi kapal karam terdalam yang pernah ditemukan dan disurvei," cuit pendiri Caladan Oceanic, Victor Vescovo, yang mengemudikan kapal selam itu.

Baca juga: Gambar Satelit Tunjukkan China Buat Tiruan Kapal Perang AS

"Kapal kecil ini menghadapi Angkatan Laut Jepang yang terbaik, melawan mereka sampai akhir," lanjutnya.

Menurut catatan Angkatan Laut AS, kru Sammy B "mengambang selama hampir tiga hari menunggu penyelamatan, dengan banyak korban tewas akibat luka dan serangan hiu". Dari 224 awak, 89 meninggal.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

Pertempuran itu adalah bagian dari Pertempuran Leyte yang lebih besar, yang menyaksikan pertempuran sengit selama beberapa hari antara pasukan AS dan Jepang.

Sammy B adalah salah satu dari empat kapal AS yang tenggelam dalam pertempuran 25 Oktober.

USS Johnston, yang hampir 6.500 meter sebelumnya merupakan kapal karam terdalam di dunia yang diidentifikasi, dicapai oleh tim Vescovo pada 2021.

Dalam pencarian terbaru, tim juga mencari USS Gambier Bay di lebih dari 7.000 meter di bawah permukaan laut, tetapi tidak dapat menemukannya.

Tim tidak mencari USS Hoel karena kurangnya data yang dapat diandalkan yang menunjukkan di mana ia mungkin turun. Adapun bangkai kapal Titanic terletak di sekitar 4.000 meter di bawah air.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini