Share

Fenomena MJO Jadi Penyebab Hujan Lebat di Bengkulu, Ini Penjelasan BMKG

Qur'anul Hidayat, Okezone · Kamis 30 Juni 2022 16:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 340 2621237 fenomena-mjo-jadi-penyebab-hujan-lebat-di-bengkulu-ini-penjelasan-bmkg-4VCy4ctPVE.jpg BMKG Bengkulu. (Foto: Antara)

BENGKULU - Curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang terjadi di wilayah Bengkulu. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Fatmawati Bengkulu mengungkapkan hal itu disebabkan oleh fenomena Madden Julian Oscillation (MJO).

Perakirawan BMKG Stasiun Fatmawati Bengkulu Rahyu Meylansari mengatakan bahwa fenomena MJO akibat adanya gangguan dinamika atmosfer yang berada di Samudera Hindia.

Selain itu, adanya suplai air dari Samudera Hindia yang menyebabkan adanya pertemuan angin (konversi) dan belokan angin di wilayah Bengkulu.

 Baca juga: Hujan Lebat Berpotensi Guyur Sejumlah Daerah, Ini Daftarnya

"Kelembaban udara yang basah dari lapisan bawah hingga atas dan juga labilitas udara yang cukup kuat pada atmosfer di wilayah Bengkulu yang menyebabkan adanya potensi pembentukan awan hujan," kata Rahyu, di Bengkulu, dikutip dari Antara, Kamis (30/6/2022).

Fenomena itu mengakibatkan wilayah di Provinsi Bengkulu seperti Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Lebong, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Kabupaten Seluma, Kabupaten Bengkulu Selatan, dan Kabupaten Kaur berpotensi terjadi hujan.

Ia mengatakan hujan yang akan turun di wilayah tersebut memiliki intensitas sedang hingga lebat yang disertai dengan petir serta angin kencang berdurasi singkat.

Masyarakat diminta waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor dan angin kencang.

"Curah hujan dengan intensitas lebat diperkirakan akan terjadi hingga beberapa hari ke depan," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini