Share

Wabah PMK Masuk Bali Jelang Idul Adha, 63 Ekor Sapi Terinfeksi

Mohamad Chusna, Sindonews · Senin 04 Juli 2022 09:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 04 244 2623020 wabah-pmk-masuk-bali-jelang-idul-adha-63-ekor-sapi-terinfeksi-TkpA9529Qn.jpg Ilustrasi. (Foto: Ant)

DENPASAR - Wabah penyakit kaki dan mulut (PMK) mulai masuk Bali sepekan jelang Idul Adha. Sedikitnya 63 ekor sapi positif terinfeksi PMK.

"Hasil itu didapatkan dari pemeriksaan lab," kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bali I Wayan Sunada, Minggu (3/7/2022).

Dia menjelaskan, sapi yang positif terinfeksi PMK tersebar di Gianyar (38 ekor), Buleleng (21 ekor) dan Karangasem (4 ekor). kasus pertama ditemukan di Gianyar awal bulan ini.

Guna mencegah penyebaran, baru 55 ekor sapi yang terinfeksi di Gianyar dan Buleleng telah dimusnahkan dengan cara dipotong paksa.

Selain itu, lalulintas perdagangan sapi baik masuk atau keluar dari Bali dihentikan sementara. "Ini agar tidak meluas," imbuh Sunada.

Dia mengatakan masih dilakukan penelusuran untuk memastikan asal muasal masuknya PMK ke Bali. "Masih kita telusuri jejaknya," ujarnya.

Sejauh ini, lalulintas perdagangan sapi masuk dan keluar dari Bali sudah melalui pemeriksaan ketat karantina di pelabuhan Gilimanuk, Padangbai dan Celukan Bawang. "Truk yang dipakai mengangkut selalu rutin disemprot disinfektan," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini